Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tingkat Konsumsi Susu Orang Indonesia Masih Sangat Rendah

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menyerukan agar masyarakat rajin mengkonsumsi susu setiap hari menjadi tantangan tersendiri bagi para produsen susu, di tengah sulitnya mendapatkan pangan berkualitas untuk sapi perah yang menghasilkan susu segar di Indonesia.

Betapa tidak, menurut Darmanto Setyawan selaku Head of Dairy Manufacturing Southeast Asia, PT Greenfields Indonesia, konsumsi susu orang Indonesia masih rendah. “Konsumsi susu di Indonesia ini rendah dibandingkan dengan negara lain. Kita melihat ini sebagai satu tantangan,” kata Darmanto di pabrik Greenfields di Malang, Jawa Barat.

Meski disebut sebagai tantangan, Darmanto menyebut hal tersebut tentu bisa menjadikannya sebagai sebuah peluang. Dia berharap dengan besarnya populasi masyarakat di Tanah Air dapat meningkatkan konsumsi susu dari sisi bisnis. “Kemudian sumber dari susu itu sendiri menjadi tantangan, dan Greenfields menjawab dengan kita membuat peternakan sapi perah itu sendiri,” sambungnya.

Sapi perah sendiri kebanyakan berasal dari daerah sub tropis. Untuk dibawa ke wilayah tropis, tentu tidaklah mudah. Hal itupula yang dianggapnya sebagai tantangan. “Baru sekitar 20 persen kebutuhan susu di Indonesia itu dipenuhi dari produksi dalam negeri, sedangkan 80 persen dipenuhi dari impor dalam bentuk susu bubuk,” pungkasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *