Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tempat Wisata yang Layak Dipilih Saat Libur Lebaran

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menurut Bima Haria Wibisana Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) libur Lebaran tahun ini mencapai 11 hari lamanya, yaitu mulai dari 30 Mei sampai 09 juni dan masuk kembali pada 10 Juni 2019. Libur Lebaran tersebut untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai swasta. Namun, khusus pegawai swasta penetapan libur Lebaran tergantung dari kebijakan perusahaan, bisa saja dimulai pada 30 Mei atau justru pada 3 Juni 2019.

Nah, libur Lebaran yang panjang ini ada tradisi masyarakat yang tak boleh dilewatkan yaitu memutuskan mudik Lebaran untuk merayakan hari Lebaran bersama keluarga besar. Sementara bagi yang tidak mudik Lebaran, mereka menghabiskan waktu libur Lebarannya dengan mengunjungi berbagai tempat wisata bersama keluarga atau teman.

Nah, bagi yang memilih libur Lebaran dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, kira-kira sudah buat listnya belum tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi? Jika belum, yuk simak ulasan berikut ini menyoal tempat wisata populer yang bisa menjadi pilihan saat libur Lebaran yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

1. Pantai Iboih, Sabang
Bukan hanya terkenal karena berada di titik nol kilometer saja, Sabang juga terkenal dengan keindahan pantainya yang luar biasa, yaitu Pantai Iboih. Pantai ini menjadi populer karena memiliki warna pasir yang putih dan air laut yang sangat jernih. Untuk itu, banyak wisatawan baik lokal ataupun asing memanfaatkan kejernihan air lautnya dengan diving untuk melihat keindahan bawah lautnya.

2. Berastagi, Karo
Selain Danau Toba, ternyata Sumatera Utara punya tempat wisata lain yang tak kalah bagus dan serunya, Berastagi, Karo. Tempat wisata yang berhawa sejuk ini memiliki banyak destinasi wisata didalamnya, mulai dari pemandian air panas belerang Lau Sidebuk-debuk yang lokasinya berada di bawah kaki gunung Sibayak, Pagoda Lumbini yang serupa dengan aslinya Myanmar dan masih banyak lagi. Di Berastagi ini, para pengunjung juga bisa sambil belajar budaya Batak Karo, mengingat seluruh masyarakat yang tinggal masih orang asli Karo. Jadi, kamu bisa belajar budaya batak karo mulai dari mengenal tempat tinggalnya hingga kebiasaan yang mereka lakukan dalam kesehariannya.

3. Kepulauan Seribu
Bagi kamu yang suka dengan alam berupa pantai, berkunjung ke beberapa pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Sekarang ini banyak bermunculan pulau-pulau baru yang dijadikan tempat wisata. Misalnya saja Pulau Tidung, Pulau Semak Daun, Pulau Bidadari, Pantai Pasir Putih, Pulau Pari dan masih banyak lagi. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke pulau-pulau tersebut, mulai dari berenang di pantai, mancing, dan snorkelling. Bahkan, sekarang ini disetiap pulau para pengelola wisata di sana juga sudah membangun penginapan kecil sehingga para pengunjung bisa menginap beberapa hari atau juga bisa camping menggunakan tenda.

4. Wisata Sejarah di Jakarta
Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan ingin liburan tapi tak mau jauh-jauh, tak ada salahnya mencoba wisata sejarah dengan mengunjungi museum yang tersebar di Jakarta. Misalnya mulai dari museum gajah, museum bank Indonesia, museum fatahillah, museum wayang, museum polri, museum tekstil, monumen nasional, dan masih banyak lagi. Selain seru dan menyenangkan, wisata sejarah ini tentunya juga bisa menambah ilmu pengetahuan kamu menyoal sejarah Indonesia. Bukan hanya itu saja, wisata sejarah ini juga enggak bikin kantong kamu bolong, sebab harga tiket masuk perorangnya sangat murah, yaitu berkisar Rp2ribu – Rp5ribu saja.

5. Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta
Mau pergi ke setiap daerah di Indonesia dengan waktu yang singkat dan tanpa perlu menguras kantong? Kamu bisa berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Disana kamu bisa berkunjung ke setiap daerah misal Bali, Padang, Jogja dan sebagainya hanya dengan berjalan kaki, menaiki sepeda atau menggunakan kendaraan pribadi. TMII menjadi wahana untuk menggali pengetahuan mengenai keanekaragaman, tradisi dan budaya yang ada di Indonesia. Agar lebih terasa keasliannya, setiap daerah dilengkapi dengan bangunan rumah-rumah adat serta pernak-pernik lainnya. Selain itu, di TMII juga terdapat wahana lain seperti museum, pusat IPTEK, flora-fauna dan sebagainya.

6. Leuwi Lieuk, Bogor
Mau liburan yang segar-segar, bisa dong. Kamu bisa berkunjung ke kota hujan Bogor, tapi bukan pemandangan teh atau pegunungan ya, kamu bisa berkunjung ke Curug Leuwi Lieuk yang tepatnya berada di Sentul, Bogor. Wisata ini hampir mirip dengan Grand Canyon, dimana curug ini dikelilingan dengan bebatuan yang tinggi. Selain itu, di sini kamu bisa merasakan sensasi kesegaran dari airnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Perlu diketahui, curug leuwi lieuk ini merupakan wisata yang baru muncul tapi sudah populer di tengah masyarakat.

7. Apache Indian Camp, Bogor
Bagi kamu yang ingin merasakan camping ala Indian tak perlu jauh-jauh harus pergi ke Amerika utara, di bogor juga ada, yaitu Apache Indian Camp. Disana ada dua jenis tenda penginapan, yaitu ala Mongolia dan Apache. Penginapan ala camping ini sudah desain sangat modern, ibaratnya sangat instagramble dan cook untuk kalangan milenial. Selain itu, letaknya yang berada di lerang gunung salak ini membuat perkemahan ini dikelilingi pegunungan, sehingga membuat pemandangan semakin Indah.

8. Dago Dream Park, Bandung
Bandung bukan hanya terkenal karena Cibaduyutnya saja, tapi sekarang ini juga terkenal karena salah satu tempat wisata barunya, yaitu Dago Dream Park. Tempat wisata ini menawarkan aneka spot yang ciamik alias kekinian, sehingga cocok untuk selfie. Ada banyak wahana yang bisa kamu coba, antara lain permadani terbang, perahu kora, flying fox, berkuda, memanah dan masih banyak lagi.

9. Air Terjun Gedad, Yogyakarta
Wisata Air Terjun Gedad ini berada di Dusun Gedad, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Menariknya dari tempat wisata ini adalah, dinding air terjun yang dan berpunuk-punuk membuat tempat wisata alam ini menjadi terlihat artisitik. Suara deru air terjun dan suasana yang sejuk membuat tempat wisata ini menjadi sangat asri.

10. Kebun Buah Mangunan, Bantul
Bagi pecinta buah-buah, berlibur dengan berkunjung ke kebun buah pasti sangat menyenangkan. Salah satu kebun buah yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Buah Mangunan yang berasa di Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Di kebun buah ini terdapat berbagai macam buah-buahan tentunya, antara lain durian, manga, jeruk, dan buah-buah lainnya. Bukan hanya itu saja, di sini juga kamu bisa melihat proses pembibitan sapi, dan wahana seru lainnya seperti outbound, perkemahan, kolam renang dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu saja, dari puncak wisata ini kamu bisa melihat keindahan hamparan hijau dibawahnya serta menikmati keindahan matahari terbenam.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *