Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Prambanan Sambut Peserta Hari Yoga Internasional

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Taman Wisata Candi Prambanan di Yogyakarta siap menyambut seribu peserta Hari Yoga Internasional (International Day of Yoga/IDY).

Acara ini akan diperingati pada 23 Juni 2019. “Target kami tahun ini 1.000 peserta dan sejauh ini sudah lebih dari 50 persen yang mendaftar,” kata Asisten Manajer Penjualan dan Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Frieska J. Puteri dalam konferensi pers di Kedutaan Besar India di Jakarta, Senin (17/06/2019).

Dengan membayar tiket Rp 75 ribu, setiap peserta dapat mengikuti satu jam sesi yoga di kompleks Candi Prambanan pada Ahad (23/6) pukul 06.00-07.00 WIB. Harga tiket tersebut sudah termasuk fasilitas tambahan yaitu kaos, matras, air mineral, serta makanan ringan.

Hari Yoga Internasional diperingati di seluruh dunia setiap 21 Juni. Hal ini sesuai resolusi yang disetujui 193 negara peserta Sidang Majelis Umum PBB pada 11 Desember 2014.

Proposal resolusi tersebut disampaikan Perdana Menteri India Narendra Modi yang menyebut yoga sebagai hadiah tradisi India kuno yang tak ternilai. Yoga bukan sekadar olahraga. Akan tetapi yoga adalah cara untuk menemukan rasa kesatuan manusia dengan diri sendiri, dunia, dan alam.

“Kata yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti penyatuan. Yoga telah melampaui batas-batas nasional, budaya, dan agama,” kata Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat.

Untuk terus menghidupkan kesadaran akan pentingnya mewujudkan keselarasan hidup, maka pemerintah India mempromosikan yoga secara internasional, termasuk di Indonesia. Tahun ini, selain di kompleks Candi Prambanan, Kedubes India bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata juga menyelenggarakan kegiatan yoga di empat kota lain yakni di Bali pada 16 Juni serta di Medan, Surabaya, dan Makassar pada 23 Juni.

Di Jakarta, Hari Yoga Internasional akan dirayakan oleh berbagai komunitas yoga pada akhir pekan mendatang. “Kami harapkan Hari Yoga Internasional bisa menjadi gerakan massal, yang tahun ini targetnya adalah para milenial,” kata Dubes Pradeep.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *