Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pandemi COVID-19 Belum Hilang, Ini 8 Tips dari WHO untuk Jaga Kesehatan

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus membagikan setiap penemuan, temuan, pembelajaran dan laporan studi yang berkaitan dengan kesehatan. Dengan begitu, masyarakat bisa menerapkan hidup yang sehat dan aman. Dilansir dari timesnownews pada Kamis (15/04/2021), ada 8 tips dari WHO untuk hidup sehat:

Konsumsi Makanan yang Sehat
Makan dengan benar akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar untuk memerangi infeksi dan kesibukan sehari-hari. Seperti konsumsi buah, sayur dan protein.

Aktif Secara Fisik
Di tengah pandemi Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 banyak masyarakat yang tinggal di rumah dan duduk lebih sering dari biasanya. Sehingga sulit untuk mereka melakukan olahraga.

Pada saat seperti ini, sangat penting bagi orang-orang dari segala usia dan kemampuan untuk menjadi seaktif mungkin. Lakukan gerakan fisik dengan intensitas ringan selama 3 sampai 4 menit, seperti jalan kaki atau peregangan, akan membantu melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah serta aktivitas otot.

Dapatkan Vaksinasi
Semua vaksin COVID-19 saat ini tersedia terbukti aman dan efektif untuk mencegah COVID-19. Vaksin COVID-19 yang sedang dalam pengembangan sedang dievaluasi dengan hati-hati dalam uji klinis dan akan diotorisasi atau disetujui hanya jika mereka mengurangi kemungkinan Anda terkena COVID-19 secara substansial. Mendapatkan vaksinasi juga dapat melindungi orang-orang di sekitar Anda, terutama orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19.

Jangan Merokok
Anda yang merokok harus berhenti merokok agar tidak terkena kanker paru-paru, penyakit jantung atau kondisi lainnya.

Hindari Minuman Alkohol
Sebelum Anda mulai minum, tetapkan batasan seberapa banyak Anda akan minum. Selain itu, tetapkan anggaran untuk hanya membelanjakan sejumlah uang untuk alkohol. Tapi lebih baik lagi jika Anda tidak minum alkohol. Hal ini untuk jangka panjang kesehatan Anda.

Kelola Kesehatan Mental
Sesekali seseorang bisa kewalahan menghadapi pekerjaan, keluarga dan komitmen lainnya. Anda perlu menyisihkan waktu untuk bersantai atau kesehatan mental dan fisik. Berolahraga, makan dengan baik, peregangan dan relaksasi, latihan pernapasan, memperlambat dan menghilangkan stres adalah kombinasi dari beberapa hal.

Tetap Bersih
Bersihkan tangan Anda secara teratur dan menyeluruh dengan antiseptik berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air. Ini menghilangkan kuman termasuk virus yang mungkin ada di tangan Anda. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda. Tangan menyentuh banyak permukaan dan bisa terkena virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Sebab, dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan menginfeksi Anda.

Periksa Kesehatan secara Teratur
Pemeriksaan rutin dapat membantu memulihkan tubuh Anda dari masalah kesehatan apa pun. Meningkatkan masa hidup dengan melakukan pemeriksaan rutin tubuh dan kesehatan Anda, Anda dapat diyakinkan tentang seberapa sehat Anda. Anda dapat meningkatkan umur Anda dengan terkena penyakit sejak awal atau mencegah kondisi berkembang mengambil alih tubuh Anda.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *