Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Indahnya Planet Jupiter dari Berbagai Sisi

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Jupiter terlilhat begitu memesona. Dari Bumi, dia tampak seperti titik terang di langit. Catatan astronomi tertua menunjukkan, para ilmuwan melakukan pengamatan secara teratur terhadap planet ini. Seperti apa penampilannya sekarang?

Sedikit kilas balik, pada November 1974, Pioneer 11 milik NASA jadi pesawat luar angkasa pertama yang mengunjungi Jupiter. Sejak itu, berbagai penelitian dilakukan untuk menggali lebih banyak mengenai planet tersebut.

Jupiter adalah planet dengan ukuran paling besa di sistem tata surya. NASA sejauh ini telah mengirim lima misi untuk mempelajarinya. Dikutip dari Wired.com, Jupiter adalah planet yang sulit dikunjungi. Selain karena jaraknya yang lebih jauh dari Matahari, Jupiter juga planet yang punya medan magnet paling besar di tata surya.

Lingkungan radiasi yang ekstrem bisa dengan mudah menyulut arus listrik yang menopang kehidupan yang dekat di sekitarnya. Tentu saja ‘dekat’ di sini berarti jutaan mil jaraknya.

Medan magnet ini sangat besar, bahkan jika kalian bisa melihatnya dalam cahaya yang tampak misalnya, wujud medan magnet ini terlihat seukuran bulan purnama di Bumi, meskipun planet raksasa itu sendiri jaraknya kira-kira 500 juta mil dari Bumi kita.

Pekan ini NASA merilis foto-foto terbaru Jupiter dari berbagai misi luar angkasa menuju planet tersebut. Dari berbagai sisi, terlihat betapa cantiknya Jupiter.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *