Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

BMKG Sebut, Menanam Pohon Bisa Memperlambat Gelombang Tsunami

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati menyebut menanam pohon di pesisir pantai bisa memperlambat laju gelombang tsunami. Ia mencontohkan penanaman pohon Mahoni di Pantai Carita, Anyer, Banten, beberapa waktu lalu.

“Tanam pohon itu penting sekali, karena bisa memperlambat 80 persen laju gelombang tsunami ke darat. Ini bagian dari mitigasi tsunami di Indonesia. Kultur budaya inilah yang perlu dikuatkan, karena bagian dari mitigasi tsunami. Kalau teknologi tidak bisa diandalkan 100 persen,” kata Dwikorita di Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Ia juga menuturkan bahwa penanaman pohon di pesisir pantai sudah ada kajian, sekaligus menjadi tantangan ke depannya. Selain itu, pihaknya juga telah meminta pendapat pakar mengenai hal tersebut. “Ya, menjadi tantangan, karena menunggu teknologi terlalu lama. Sedangkan kita harus mewaspadai pontensi bencana,” jelasnya.

Dwikorita menyatakan, pihaknya selalu berusaha mencari solusi terbaik untuk mengetahui lebih dini datangnya bencana. Ia menyebut banyak hal yang perlu dipersiapkan masyarakat, jika sewaktu-waktu terjadi goncangan dan tsunami. “Bagaimana menyiapkan masyarakat, jika sewaktu-waktu terjadi goncangan dan tsunami. Budaya tidak mepet tinggal di pinggir pantai juga perlu,” paparnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *