Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Besok Google+ Ditutup

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Proses penutupan Google+ akan segera dimulai. Pengguna platform tersebut akan mulai tidak bisa menjalankan sejumlah fitur terhitung sejak 4 Februari 2019 mendatang.

Dilansir laman Tech Radar, Jumat, 1 Februari 2019, Google akan menghapus akses pengguna untuk membuat profil baru, halaman, komunitas, dan event pada 4 Februari mendatang. Fitur komentar yang dihadirkan Google+ di Blogger juga akan ditiadakan.

Sedangkan, pada 2 April 2019, tombol sign-in Google+ akan hilang dari situs. Pada tanggal ini juga layanan berakhir, dan berimbas ke penutupan akun dan pages. Sebelum itu, pengguna bisa mengunduh data Google+ lewat Google Takeout. Di sana informasi pribadi dari semua situs dan layanan Google masih bisa diakses.

Pemilik komunitas atau moderator juga bisa mengambil data penulis, bodi teks, dan foto setiap komunitas mulai awal Maret. Selain itu, Google akan mulai menghapus konten dari akun, termasuk foto dan video dari arsip album pengguna dan Google+ pages. Namun, semua yang sudah dicadangkan pada Google Photos akan aman dan tidak terhapus.

Google+ mengakhiri layanan setelah beroperasi selama tujuh tahun. Keputusan itu diambil setelah adanya pelanggaran data, yang menyebabkan data pribadi sekitar 500 ribu pengguna terbuka untuk pengembang aplikasi pihak ketiga. Bug ditemukan dan dihapuskan pada Maret 2018, namun setelah adanya kejadian kedua akhirnya Google memutuskan untuk menutup layanan Google+.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *