Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Widi Island, Maladewa ala Halmahera

taufiqurokhman.com (Halmahera) – Kawasan Indonesia bagian timur memiliki banyak objek yang menjadi destinasi wisata. Selain Raja Ampat di Papua, surga wisata bahari yang layak dipromosikan adalah Pulau Widi atau juga dikenal dengan Widi Island di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Kelebihan Widi Island adalah memiliki eksotik alam dengan hamparan pasir putih. Laut biru nan jernih dengan kekayaan terumbu karang menjadi pesona daya tarik pulau yang berlokasi di Desa Gane Luar tersebut.

Widi Island1Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba, pun tak sungkan memamerkan Widi Island sebagai daerah gugusan yang dianggap sebagai Maladewa-nya Indonesia. “Salah satu wilayah kepulauan kami yang jadi perbincangan. Widi Island merupakan satu gugusan yang terdiri dari kurang lebih 120 pulau kecil dengan hamparan pasir putih yang saling terhubung satu sama lain. Punya alam yang sangat indah, sehingga disebut sebagai Maldives-nya Indonesia,” kata Bupati Bahrain dalam keterangannya Kamis, (26/10/2017).

Bahrain menjelaskan, Widi Island punya keunikan yang terletak pada 99 pulau-pulau kecil. Sebanyak 99 Pulau ini akan ‘berjejer’ ketika air laut pasang. Gelombang cipratan ombak ditambah hamparan pasir putih mengaitkan satu pulau ke pulau menjadi pesona tersendiri. Sebagian besar wisatawan tertarik dengan keberadaan danau air tawar yang berada di tengah pulau. Menurutnya, keeksotikan Pulau Widi cocok bagi para traveller berjiwa petualang.

Selain sebagai destinasi wisata, kata dia, warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan bergantung dari ekosistem Widi Island. Keanekaragaman ikan menjadi sumber pencarian warga. “Banyak ikan berdiam di sini, membuat masyarakat nelayan sekitar Kecamatan Gane Luar dan Gane Timur, bergantung hidup di Widi sebagai mata pencarian utama mereka,” ungkap dia.

Widi Island2Permintaan Jadi Wisata NasionalBahrain Kasuba sempat meminta kepada Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk menjadikan Widi Island sebagai destinasi wisata nasional. Permintaan ini disampaikan Bahrain bertepatan dengan penyelenggaraan Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017. Berkunjungnya Luhut juga mewakili Presiden Joko Widodo yang urung hadir membuka WIFT 2017 di Kepulauan Widi, 25-29 Oktober 2017. Ajang ini diikuti 153 klub dari 12 negara di dunia. “Kemarin kami sampaikan kepada menko Kemaritiman untuk dapat menetapkan Kepulauan Widi sebagai salah satu destinasi wisata nasional,” kata Bahrain.

Ia bersyukur WIFT 2017 dihelat di Widi Island agar bisa mempromosikan kekayaan wisata bahari sekaligus promosi potensi perikanan dan kelautan. Bagi traveller yang berminat mampir liburan ke Widi Island bisa menggunakan speedboat dari Pulau Bacan. Atau bisa juga dengan pilihan lain menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Saketa. Perjalanan dari Saketa menuju Widi Island bisa memakan waktu sekitar 4,5 jam.

Setelah perjalanan laut, berlanjut lewat kendaraan darat dengan roda dua atau empat. Perjalanan darat ini melewati Kecamatan Gane Timur dengan waktu 2,5 jam. Nah, dari sini traveller bisa memakai speedboat dengan waktu 2 jam.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *