Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Waspada, Ada Makanan Sehat yang Justru Bikin Gemuk

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Banyak makanan yang kita sangka sehat tetapi ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan. Sejumlah makanan itu disinyalir mengandung gula dalam jumlah tinggi dan kalori tersembunyi yang berpotensi menambah berat badan. Sejumlah pakar nutrisi mengungkap beberapa makanan yang tidak sesehat yang dipikirkan orang awam. Berikut lima makanan dan minuman yang sebaiknya Anda batasi dari menu harian, dilansir dari laman Daily Star.

Alpukat
avocado dalamAlpukat dianggap sebagai makanan super karena fungsi antioksidan dan kandungan lemak sehatnya. Namun pakar nutrisi Cassandra Barns mengatakan buah ini sangat tinggi kalori, yaitu sekitar 250 sampai 400 dalam tiap butirnya, sehingga asupannya perlu dibatasi.

Yogurt
Yogurt (1)Periksa label di kemasan minuman yogurt karena bisa jadi ada bahan makanan tersembunyi yang bisa menambah lebar pinggul. Nutrisionis Marilyn Glenville mengingatkan agar konsumen mengecek jumlah gulanya agar tidak sampai delapan sendok teh dalam tiap botolnya.

Almond
AlmondSaat ngemil kacang-kacangan, terutama almond, tidak terasa seseorang akan memakannya berlebihan karena keenakan mengunyah. Kendali porsi sangat penting dengan ukuran optimal sekira 100 gram yang sudah mengandung sekitar 600 kalori.

Saus Pasta
Saus PastaSaus pasta tomat memang rendah lemak jika dibuat sendiri, tetapi versi kemasan buatan pabrik pasti tinggi kandungan gula. Apalagi, jika dituangkan ke pasta putih dengan indeks glikemik tinggi yang akan berpengaruh pada penambahan berat badan.

Buah Kering
Buah KeringBuah kering merupakan sumber gula yang sangat terkonsentrasi, bahkan bisa dua kali lipat dari jumlah gula dalam es krim. Sebagai contoh, stroberi segar mengandung enam gram gula per 100 gramnya, sedangkan stroberi kering mengandung 60 gram per 100 gramnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *