Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Virus Kanker Serviks Bisa Menular dari Celana Dalam

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Virus Human Papilomavirus (HPV) merupakan penyebab utama dari kanker serviks atau mulut rahim. Untuk itu, cara pencegahan utamanya adalah dengan sebisa mungkin menghindari virus tersebut. Pencegahan primer dimulai dari pemberian edukasi seks terhadap para remaja. Sebab, masa remaja cenderung memiliki gejolak hormon seksual dan rasa penasaran lebih tinggi.

Hal tersebut diungkapkan oleh spesialis kandungan, dr Ardiansjah Dara, SpOG, MKes. “Edukasi moral dan pendidikan seks, khususnya rute penyebaran virus secara seksual dan non-seksual. Secara seksual, virus HPV bisa menyebar melalui aktivitas senggama, petting (organ intim saling bersentuhan), manual-genital (tangan menyentuh kelamin), dan oral-genital (mulut menyentuh organ intim),” ujar Ardiansjah beberapa waktu lalu.

Selain itu, rute penyebaran virus HPV tanpa aktivitas seksual juga bisa terjadi melalui barang pribadi. Misalnya saja, sering meminjam barang personal dengan teman. “Suka tukar-tukaran celana dalam atau handuk itu bahayanya karena virus HPV tinggal di kulit. Saat nempel di barang pribadi, bisa nular virus HPV itu,” ucapnya.

Pemberian vaksin pada remaja juga sebaiknya dilakukan. Menurut Dara, pemberian vaksin HPV, efektif menjaga ketahanan tubuh hingga 10 tahun mendatang. “Vaksim HPV direkomendasikan untuk wanita usia 10-55 tahun, dengan 3 kali dosis. Sedangkan, vaksin HPV pada pria, juga disarankan agar mencegah timbulnya kutil kelamin yang juga memicu kanker,” katanya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *