Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Vaksin Influenza untuk Hadapi Musim Pancaroba

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Saat ini sudah masuk musim penghujan. Cuaca ekstrem seperti sekarang ini cenderung memicu banyak masalah kesehatan. Panas dalam, biasanya menjadi salah satu kondisi yang rentan menjangkiti tubuh. Tubuh biasanya rentan alami panas dalam saat cuaca sedang alami perubahan yang sangat cepat dan ekstrem.

Hal ini terjadi, akibat tubuh yang cenderung alami dehidrasi sehingga imun tubuh cepat menurun. “Dua faktor pemicu panas dalam saat pancaroba yaitu lingkungan yang cuacanya berubah cepat dan imun menurun. Imun menurun ini bisa disebabkan banyak hal, seperti tubuh yang dehidrasi dan makan makanan kurang bergizi,” ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Laurentius Aswin Pramono, SpPD, M.Epid, di Forum Ngobras di, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Aswin menambahkan, untuk mencegah dehidrasi, tiap individu dianjurkan konsumsi air mineral sebanyak 2 liter per hari. Sehingga, kecukupan cairan ini dapat melancarkan metabolisme tubuh agar imunitas tetap bertahan baik. “Selain itu, tubuh butuh yang namanya vitamin dan mineral. Vitamin c serta mineral dari gypsum fibrosum dan calcitum, dalam kandungan sebuah minuman, sebaiknya juga dikonsumsi untuk memberikan kebutuhan tubuh,” paparnya.

Selain itu, Aswin menegaskan agar antisipasi cuaca ekstrem dengan perlindungan yang juga ekstra melalui pakaian yang cukup tebal saat keluar rumah. Tidak hanya itu, pemberian vaksin influenza juga dibutuhkan agar pencegahan maupun pengobatan panas dalam, dapat berjalan dengan lebih cepat. “Olahraga yang rajin juga dapat memicu tubuh tetap bugar. Selain itu, meski virus panas dalam tidak spesifik, tapi seringnya dipicu oleh virus influenza. Maka pengobatannya melalui vaksin influenza di usia berapa saja, anak-anak, dewasa, atau juga lansia,” ujarnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *