Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

UNESCO Khawatir, Kakuasaan Taliban Akan Membawa Kerusakan pada Warisan Budaya di Afghanistan

taufiqurokhman.com (Paris) – Pengambilalihan kekuasaan di Afghanistan oleh Taliban mengundang kekhawatiran dari banyak pihak, termasuk badan kebudayaan PBB UNESCO. Lembaga tersebut khawatir, kekuasaan Taliban akan membawa kerusakan pada warisan budaya yang terdapat di Afghanistan.

Melalui sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis (18/08/2021), UNESCO mendesak perlindungan akan warisan budaya Afghanistan dan memastikan lingkungan yang aman bagi para seniman.

Afghanistan adalah rumah bagi dua situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satunya adalah Lembah Bamiyan, tempat Taliban meledakkan dua patung Buddha raksasa sebelum kelompok itu digulingkan dari kekuasaan pada tahun 2001 lalu.

“Di tengah peristiwa yang berlangsung dengan cepat, dan 20 tahun setelah penghancuran yang disengaja dari Bamiyan Buddha, sebuah situs Warisan Dunia, Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay menyerukan pelestarian warisan budaya Afghanistan,” kata UNESCO dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Al Jazeera.

Taliban berhasil merebut ibukota Kabul akhir pekan kemarin (Minggu, 15/08/2021) dan mendepak pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. Kelompok ini memiliki keuntungan teritorial setelah Amerika Serikat menarik pasukannya dari negara itu.

Kini mata publik dunia seakan terus menanti perkembangan yang terjadi di Afghanistan, terutama mengenai bagaimana pemerintah Afghanistan selanjutnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *