Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

UKP Diharapkan Jadi Komando

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Direktur Riset Setara Institute Ismail Hasani mengatakan, UKP PIP hendaknya bisa menjadi komandio upaya pembinaan Pancasila oleh penyelenggara negara, bukan sekedar menjadi pelaksana teknis. “Dia tidak menjadi implementator, pelaksana proyek. Tetapi betul-betul menjadi lembaga yang memproduksi satu tagline bagi para penyelenggara negara,” kata Ismail, Kamis (8/6/2017).

Menurutnya, upaya pembinaan Pancasila bagi seluruh masyarakat harus dilakukan secara terstruktur. Karenanya dibutuhkan lembaga untuk memimpin dan mengarahkan upaya pembinaan. Hal inilah yang menurutnya luput dari upaya pembinaan Pancasila saat rezim Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sehingga dinilai tidak berhasil. “Kenapa tidak berhasil? Mungkin karena tidak ada dirijen yang memandu kemana arahnya. Harapannya UKP ini menjadi jawaban untuk memecah kebuntuan-kebuntuan,” ujarnya.

Meski bisa dilihat sebagai respons reaktif pemerintah terhadap fenomena radikalisasi belakangan ini, namun pembentukan UKP PIP ini perlu didukung dan diapresiasi. “Respons yang keluar bentuknya kelembagaan yang sebenarnya bukan sesuatu yang jenius sebagai jawaban. Karena itu, kita belum bisa melihat ke depan seperti apa. Tapi sebagai sebuah upaya harus kita dukung,” ujar Ismail.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik pengarah dan kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *