Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Uji Coba Pembatasan Lalu Lintas Ganjil-Genap di DKI Jakarta Segera Dilakukan

Taufiqurokhman.com – Segala cara akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta demi mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi. Setelah 3 in 1 dihapus, kini Pemprov DKI mulai menerapkan sistem pembatasan lalu lintas ganjil-genap. Rencananya, uji coba akan dilakukan pada 27 Juli sampai 26 Agustus 2016 mendatang. Apabila uji coba tersebut berhasil, maka sistem ganjil-genap akan diberlakukan pada 30 Agustus 2016 mendatang.

Sistem ini mengatur kendaraan dengan pelat nomor ganjil hanya boleh beroperasi pada tanggal ganjil dan kendaraan berpelat nomor genap hanya boleh beroperasi pada tanggal genap. Aturan ini berlaku pada jam 7 sampai 10 pagi dan jam 4 sore sampai 8 malam. Sistem ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu dan juga hari libur nasional.

Selain itu, peraturan ganjil-genap ini juga tidak berlaku untuk kendaraan pejabat tinggi negara, seperti pemadam kebakaran, angkutan umum pelat kuning, dan angkutan barang dengan dispensasi sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 5148 Tahun 1999 tentang Penetapan Waktu Larangan Bagi Mobil Barang.

Dalam melakukan uji coba sistem pembatasan lalu lintas ganjil-genap ini, Polda Metro Jaya akan mengawasi sembilan titik yang dilakukan secara acak di sepanjang ruas jalan yang pernah diterapkan kebijakan 3 in 1.

Adapun sembilan titik persimpangan yang akan diawasi yakni simpang Patung Kuda, simpang Kebon Sirih, simpang Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, Bundaran Senayan, CSW, simpang Kuningan kaki Gatot Soebroto, simpang Kuningan kaki Mampang, dan simpang HOS Cokroaminoto.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *