Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tuvalu, Negara Kepulauan Terkecil di Dunia Nan Indah

taufiqurokhman.com (Tuvalu) – Pantai indah, tingkat kriminal rendah, dan berbagai pesona alam lainnya adalah pemandangan sehari-hari di Tuvalu. Negara kepulauan yang berada di selatan samudera Pasifik itu sangat tepat untuk dijadikan destinasi liburan yang jauh dari keramaian. Akan tetapi, negara persemakmuran Inggris itu ternyata tidak banyak dikunjungi turis. Bahkan, Tuvalu baru saja dinobatkan menjadi negara yang paling jarang dikunjungi pada 2016 berdasarkan laporan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) seperti dikutip dari Travel and Leisure, Selasa (22/8/2017).

Tuvalu utamaTercatat hanya dua ribu orang yang mengunjungi Tuvalu pada 2016. Angka itu naik dua kali lipat dibandingkan kunjungan turis pada 2014. Selain menawarkan pemandangan indah, Tuvalu juga menjadi tempat kajian dampak perubahan iklim. Peningkatan permukaan air laut berdampak besar pada negara itu. PBB bahkan telah memprediksi kemungkinan besar kepulauan itu akan menghilang pada abad ke-21 ini.

Tuvalu 3Banyak warga lokal Tuvalu yang memilih pindah ke Selandia Baru dan beberapa negara Oseania lainnya. Ini karena mereka khawatir akan kehilangan tempat tinggalnya akibat perubahan iklim. Wisatawan dapat berkunjung ke Tuvalu dengan menggunakan maskapai Air Fiji. Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji. Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol benar. Populasi penduduk mencapai 10.472 membuatnya menjadi negara berdaulat ketiga terpadat di dunia, dengan Vatikan City dan memiliki penduduk lebih sedikit Nauru. Tuvalu mempunyai luas daratan hanya 26 kilometer persegi.

Tuvalu 1Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia, lebih besar dari Kota Vatikan denagn luas 0,44 km2 , Monako dengan luas 1,95 km2 dan Nauru dengan luas 21 km2. Tanah di Tuvalu tidak cocok untuk pertanian dan badan air yang terkurung daratan. Laguna sangat umum ditemukan di tempat ini. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.

Negara ini memperoleh kemerdekaannya pada 01 Oktober 1978 dari Pemerintahan Britania Raya (Inggris). Bentuk Pemerintahan Negara Tuvalu adalah Monarki Kontitusional, Ibukota Negara adalah Funafuti, Lagu Kebangsaan, Tuvalu Mo Te Atua, Bahasa resmi yang dipergunakan dinegara ini adalah, Bahasa Tuvalu dan Bahasa inggris, Mata Uang yang berlaku adalah Dollar Australia (AUD)

Tuvalu 2Tuvalu memiliki iklim tropis. Curah hujan sangat teratur dan pulau-pulau yang penuh air. Ada beberapa ikan dan tanaman laut yang ditemukan di lautan sekitarnya. Pohon kelapa dan pandan banyak ditemukan dalam badan air sekitarnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *