Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tujuh Gua Terindah di Indonesia

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Indonesia memiliki banyak gua alami yang menyimpan misteri dan legenda. Kehadirannya tak hanya membuat wisatawan Tanah Air kagum, tetapi juga menarik banyak perhatian wisatawan dunia. Gua-gua tersebut kini banyak dimanfaatkan wisatawan sebagai salah satu destinasi terbaik jika berkunjung di daerah. Nah, berikut ini ada 7 rekomendasi gua alami yang indah di Indonesia untuk menambah galeri foto di media sosial Anda.

Gua Kristal, Nusa Tenggara Timur
Gua Kristal, Nusa Tenggara TimurBelakangan ini media sosial memang tengah membicarakan kemilau indah dari Gua Kristal. Gua ini merupakan destinasi perawan yang menghadirkan kesejukan kolam renang alami. Batu-batu khas gua juga akan menemani Anda ketika berenang di sini.

Gua Hawang, Pulau Kei Kecil
Gua Hawang, Pulau Kei KecilGua Hawang ini berlokasi di pulau Kei Kecil dan dapat ditempuh dengan jarak 20 menit menggunakan kapal dari Kei Besar. Pesona gua ini memang menggairahkan, karena gua ini memiliki kolam alami yang airnya sangat tenang dan jernih. Jika Anda menelusuri gua, Anda akan terkesima dengan batu unik yang dipercaya batu seorang pemburu babi dan anjingnya yang terkena kutukan energi negatif di dalam gua.

Gua Buniayu, Sukabumi
Gua Buniayu, SukabumiGua Buniayu merupakan salah satu spot terbaik untuk belajar geologi, dan mengenal kejaiban alam yang sudah terkubur ratusan tahun. Anda akan dimanjakan dengan fosil-fosil bebatuan laut yang tersimpan di sini. Gua ini begitu cantik dan sayang dilewatkan ketika pergi ke Sukabumi.

Gua Tetes, Lumajang
Gua Tetes, LumajangGua Tetes ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo sekira 55 km ke selatan Kota Lumajang. Suasana alam masih sangat natural destinasi wisata tersebut. Hutan, bebatuan, sungai sangat alami. Stalagtit dan stalagmit warna-warni membuat siapapun yang melihatnya lupa berkedip dan menjadi destinasi terbaik di Lumajang.

Gua Liang Bua, Nusa Tenggara Timur
Gua Liang Bua, Nusa Tenggara TimurGua ini konon merupakan tempat tinggal manusia kerdil ketika zaman purbakala. Sebab, di dalam gua banyak ditemukan Homo Floresiensis. Di mana hanya memiliki tinggi 100 sentimeter dan berat 25 kg. Jadi sangat sayang dilewatkan jika berkunjung ke NTT.

Gua Gajah, Bali
Gua Gajah, BaliGua ini sudah ada sejak abad ke 11. Sejak kehadirannya gua dijadikan tempat meditasi oleh para bikhsu di dunia. Guanya sangat dangkal di dalamnya juga terdapat tiga batu yang dibungkus kain merah, kuning, dan hitam. Semakin dalam, Anda akan melihat sebuah tempat yang biasa digunakan untuk meditasi. Kehadiran guanya banyak mengundang perhatian turis dunia.

Gua Pindul, Yogyakarta
Gua Pindul, YogyakartaGua Pindul ini berlokasi di kawasan Gunung Kidul dan menjadi destinasi favorit. Sebab, wisatawan bisa menelusuri gua dengan aktivitas cave tubing yakni duduk di atas ban dan mengikuti aliran sungai hingga masuk ke dalam gua. Anda akan mendapatkan sensasi pertualangan berbeda ketika berada di sini.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *