Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tradisi Unik Ramadhan di Empat Negara Muslim Dunia

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Populasi umat Islam di seluruh dunia kini mencapai 1,6 juta orang yang berasal dari berbagai negara dengan beragam budaya. Keberagaman latar belakang tersebut berpengaruh terhadap tradisi Ramadhan. Seperti diketahui, puasa Ramadhan diawali dengan bangun sebelum adzan subuh untuk santap sahur. Jika sebagian orang mengandalkan alarm untuk membangunkan sahur, maka di wilayah di Timur Tengah dan Afrika Utara, warga Muslim mengandalkan Musaharati.

Musaharati adalah orang yang bertugas membangunkan orang-orang untuk bangun dan melaksanakan sahur. Musaharati akan berkeliling di jalan dan berteriak meminta warga bangun dengan memukul drum sebanyak tiga kali. Tradisi ini di beberapa wilayah seperti Kairo, Mesir masih bertahan. Di beberapa negara Muslim lainnya, Ramadhan disambut oleh masyarakat atau perusahaan dengan menyiapkan paket berisi makanan pokok untuk didistribusikan kepada mereka yang kurang beruntung.

Musaharati 2Selain itu, selama Ramadhan, setiap negara pasti juga memiliki makanan khas sendiri untuk berbuka. Dan pastinya kegiatan lainnya yang paling ditunggu oleh semua Muslim adalah ibadah salat Tarawih. Berikut tradisi Ramadhan di beberapa negara di dunia sebagaimana dikutip dari A Global World.

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam adalah satu dari sedikit negara Muslim di mana para non-Muslim sangat menghargai warga yang menjalani ibadah puasa. Sebagian umat non-Muslim di Brunei diketahui ikut berpartisipasi menahan diri untuk tidak makan atau merokok di depan umum selama Ramadan. Pasar kuliner dadakan juga akan muncul secara besar-besaran di hampir seluruh wilayah Brunei. Makanan tradisional lokal banyak dijual oleh pedagang. Namun makanan dari Barat juga dijual untuk dinikmati ketika waktu berbuka puasa tiba.

Kepulauan Komoro
Kepulauan Komoro adalah kepulauan yang berada di sebelah timur Afrika dan di sebelah barat laut Madagaskar. Berdasarkan keterangan penduduk setempat, kehidupan sosial di Kepulauan Komoro menjadi jauh lebih semarak saat Ramadhan tiba. Sebuah tempat yang di dikenal dengan Bangwe sangat populer bagi warga Komoro untuk berkumpul dan berbuka puasa bersama sebelum kemudian menuju masjid untuk beribadah. Hidangan khas untuk pembuka saat berbuka puasa di Komoro adalah goreng, ubi panggang, ikan, dan pancake lokal yang disebut Couscouma. Couscouma

Maladewa
Republik Maladewa atau Maldives yang terletak di Samudera Hindia, merayakan Ramadan dengan banyaknya pesta makanan. Selama bulan puasa, banyak orang membuat hidangan lokal seperti gulha (bola ikan), kulhi boakibaa (fishcake atau kue ikan), dan foniboakiba (kue tepung). Warga maladewa juga menyiapkan minuman khas Ramadan yaitu susu kiru sarbat. Dan yang paling khas adalah para penyair di Maladewa akan banyak mendapatkan permintaan untuk melafalkan Raivaru atau puisi yang berisikan tentang bulan Ramadan. Raivaru sendiri adalah puisi dengan syair kuno yang terdiri dari tiga atau lebih baris dan pola irama yang berbeda. Puisi ini sangat dipuja oleh warga Maladewa.

Tajikistan
Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, Shuroi Ulamo (Majelis Ulama) dari Tajikistan biasanya akam meminta semua warga Muslim di sana untuk menyumbangkan barang-barang mereka kepada orang miskin. Dan bagi para penjual untuk menurunkan harga barang-barang di toko mereka. Selain itu, Masjid juga dibersihkan dan didekorasi ulang dengan karya seni Islam yang megah. Poster “Happy Ramadan” pun tak luput untuk dipasang. Masjid di Tajikistan juga menyediakan makanan untuk berbuka puasa. Sementara itu, tradisi Tajikistani khas para warga juga akan mengundang teman dan kerabat ke rumahnya untuk ikut serta dalam berbuka puasa bersama.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *