Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Toyota dan JetBlue Suntik Dana Wujudkan Taksi Terbang

taufiqurokhman.com (California) – Pernahkah Anda membayangkan pesawat yang punya fungsi layaknya taksi? Joby Aviaton, sebuah perusahaan yang berbasis di California saat ini sedang berupaya mewujudkannya.

Dilansir dari laman Mashable, Joby sudah mengerjakan purwarupa (prototype) taksi terbang dengan kapasitas penumpang lima orang. Kabar baiknya, ada kemungkinan purwarupa itu segera terwujud menjadi kendaraan yang bisa dioperasikan. Pasalnya, Toyota dan JetBlue dikabarkan baru saja menyuntikkan dana ke Joby untuk proyek taksi terbang. Tak tanggung-tanggung, Joby menerima dana sekitar 100 juta dolar AS.

Pendanaan ini memungkinkan terwujudnya electric vertical take-off and landing (eVTOL) guna mendukung pengoperasian taksi terbang. Bila kendaraan ini benar-benar ada, maka masalah kemacetan di jalan bukan lagi halangan untuk bisa mencapai tujuan dengan cepat.

Kini Joby masih menyelesaikan proyek tersebut. Pesawat yang akan digunakan diklaim kuat terbang sejauh 150 mil dalam satu kali pengisian daya baterai. Tahap lepas landas dan pendaratan dikabarkan juga tak akan seberisik pesawat pada umumnya. Dilaporkan suara taksi terbang 100 kali lebih tenang saat take off dan landing. Namun semuanya masih butuh sertifikasi dari The Federal Aviation Administration.

Dengan gelontoran dana jutaan yang diperoleh, Joby akan merekrut lebih banyak tenaga ahli yang terdiri atas insinyur, ahli baterai, pengembang perangkat lunak, dan ahli penerbangan.

Joby bukan satu-satunya perusahaan yang sedang mengembangkan kendaraan masa depan ini. Lilium, perusahaan yang berbasis di Jerman juga sudah melakukan uji coba jet listrik berkapasitas dua orang. Lilium. Juga punga purwarupa pesawat VTOL yang mirip dengan milik Joby.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *