Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tiergarten Schönbrunn Kebun Binatang Tertua di Dunia

taufiqurokhman.com (Vienna) – Kebun Binatang Vienna (Wina) atau dikenal dengan Tiergarten Schönbrunn merupakan salah satu warisan budaya UNESCO. Hal ini karena kebun binatang tersebut merupakan yang tertua dan pertama kali dibangun di dunia. Secara resmi kebon binatang ini didirikan tahun 1752 atas perintah dari Penguasa Roma saat itu, Francis I. Saat itu diperuntukkan untuk memamerkan koleksi hewan unik dari seluruh dunia khusus bagi lingkungan bangsawan.

Vienna Zoo2Oleh karena itu, nenek moyang kebun binatang ini didirikan dalam lingkungan istana. Tigabelas buah kandang yang pertama kali dibangun, didirikan di dekat paviliun kerajaan yang dipergunakan untuk sarapan resmi. Kebun binatang ini baru dibuka untuk umum pada tahun 1779. Pada saat pertama kali dibuka tidak dipungut tiket masuk.

Kebun binatang ini mengalami pasang surut. Perang Dunia I dan II pernah membuat koleksi satwa di dalamnya menyusut dan mati. Saat ini Kebun Binatang Vienna merupakan salah satu kebun binatang di dunia yang memiliki koleksi Panda Raksasa dari Cina. Ada 4 ekor binatang lucu tersebut yang berada di sini. Berada di area seluas 17 hektar, Tiergarten Schönbrunn memiliki koleksi binatang lengkap mulai dari kelelawar sampai hewan kutub.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *