Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tetapkan Aturan Penggunaan Gadget pada Anak

taufiqurokhman.com (Bogor) – Teknologi saat ini sudah bisa diakses siapa saja termasuk anak-anak. Hanya saja terkadang orangtua merasa cemas anak-anak mereka menggunakan teknologi ke arah negatif. Apa yang bisa mereka lakukan agar kecemasan ini tak menjadi kenyataan?

Psikolog anak dan keluarga dari Teman Hati Konseling, Ajeng Raviando, Psi menekankan pentingnya menetapkan aturan dan batasan saat anak menggunakan perangkat teknologi. “Orangtua sebetulnya tidak perlu khawatir asalkan di rumah ada batasan dan aturan penggunaanya. Generasi alfa (kelahiran tahun 2010 hingga sekarang) membutuhkan pembelajaran dengan visual, lebih fleksibel, alat (teknologi) menjadi hal penting,” ujar dia dalam bincang-bincang “Pentingnya Inovasi dan Teknologi Untuk Masa Depan Anak” di Bogor, Kamis (25/10/2018)

Dari kacamata psikologi, anak usia 3-5 tahun maksimal bisa mengakses teknologi termasuk televisi dan gadget, satu jam per harinya. Sementara untuk anak usia 6-12 tahun batasnya menjadi dua jam per hari. Selain itu, orangtua juga perlu menyiapkan mental anak agar terbiasa menggunakan teknologi sembari membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan efisien. “Latihlah anak mengembangkan ide dan inovasinya di mana teknologi berperan sebagai media pembelajaran,” kata dia.

Hal lain yang tak kalah penting adalah orangtua perlu mengetahui cara menggunakan teknologi itu sendiri dan mengenalkan jenis teknologi sesuai usia anak.

antara

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *