Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Ternyata Bukan Hanya Indonesia yang Punya Tradisi Mudik

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menjelang Idul Fitri, masyarakat yang tinggal di perkotaan umumnya punya tradisi mudik. Bahkan, mudik sudah menjadi ajang silaturahim bagi masyarakat urban dengan sanak saudara yang ada di kampung halaman. Tapi, bukan hanya Indonesia, beberapa negara lain juga ternyata memiliki tradisi mudik.

1. India
India sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbesar kedua setelah Hindu, juga memiliki tradisi mudik menjelang lebaran. Di India, mudik dikenal juga sebagai tradisi pulang kampung yang dijalani transmigran atau perantauan yang bekerja atau sekolah jauh dari tempat tinggal asal mereka. Selain itu, masyarakat India memiliki perayaan lebrana yang sama seperti di Indonesia seperti, bersalam-salaman, bersilaturahmi dan mengirim makanan.

2. Malaysia
Mudik DalamDi Malaysia tradisi mudik dikenal juga dengan nama ‘balik kampong’. Tradisi balik kampung ini juga dijalankan orang yang merantau dan bekerja jauh dari rumah yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Pada saat balik kampung, jalanan akan ramai dipadati oleh kendaraan bermotor, pelabuhan akan ramai dengan antrian kapal.

3. Cina
Cina terkenal sebagai negara yang sebagian besar penduduknya menganut paham komunis. Meski pemeluk agama Islam di Cina menjadi minoritas, tradisi mudik juga biasa di lakukan oleh muslim di sana saat menjelang Idul Fitri. Menjelang Lebaran, akan banyak ditemui, orang-orang yang menenteng tas bawaan di jalan-jalan.

4. Bangladesh
Sama halnya dengan Indonesia, tradisi mudik di Bangladesh juga akan ditemui saat menjelang Lebaran Idul Fitri. Saat mudik, biasanya akses jalan akan sangat ramai, segala macam transportasi akan dipadati oleh para pemudik yang ingin merayakan hari raya Lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

5. Turki
Di Turki, nama Lebaran dikenal juga dengan istilah Bayram. Menjelang Bayram, masyarakat Turki khususnya yang merantau atau transmigran juga akan disibukkan dengan rutinitas mudik ke kampung halaman.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *