Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Terlalu Baper Bisa Picu Sakit Jantung

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Penyakit jantung ternyata tidak hanya mengintai mereka yang berusia lanjut karena faktor pemicudari penyakit jantung sangat beragam dan bisa dipicu oleh beberapa sifat tertentu.

Benar pepatah yang mengatakan pentingnya hidup berpikiran positif. Sebab, pikiran negatif serta beberapa sifat buruk lainnya malah akan memicu penyakit jantung. “Ada empat sifat seperti mudah marah, terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan, tidak sabaran, dan mudah tersinggung, itu sangat mudah kena serangan jantung. Hal ini karena aliran darahnya yang terganggu,” ujar Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Manoefris Kasim Sp.JP (K), Sp.KN, di kawasan Bekasi Timur, Rabu 1 November 2017.

Serangan jantung itu, lanjutnya, terbentuk karena adanya adrenalin tinggi yang dipicu oleh sifat negatif tersebut. Hal ini membuat kerusakan pada fungsi pembuluh darah di tubuh. “Saat pembuluh darah mengalami penurunan fungsi, kondisi ini membuat penyerapan lemak jahat terjadi secara cepat. Sehingga, lemak jahat itu memberi penumpukan di pembuluh darah yang kemudian berisiko serangan jantung,” ujar dia.

Meski demikian, beberapa faktor lain juga tidak bisa disepelekan dalam memicu penyakit jantung antara lain merokok, gender, serta usia. Merokok sendiri masih menjadi pemicu utama penyakit jantung pada masyarakat. “Perokok itu nomor satu faktor risiko utama terhadap penyakit jantung. Selain itu, pria memiliki risiko lebih besar yaitu 3:1 dibanding wanita. Serta kolesterol tinggi dan hipertensi yang berpengaruh besar,” terangnya.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *