Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Tahun 2022, Jakarta Akan Krisis Guru

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Mengingat banyaknya guru yang pensiun, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Sopan Andrianto memperkirakan daerah Ibukota Jakarta akan mengalami masalah kekurangan guru pada tahun 2022. “Jika moratorium terus berlangsung dan tidak dipikirkan solusinya, diperkirakan pada 2022 akan mengalami krisis guru,” ujar Sopan dalam acara Halal bi Halal bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Dia meminta agar keran perekrutan guru dibuka, karena saat ini ada sekitar 1.008 guru bantu dan 11 ribu guru honorer. Setiap tahun, lanjut Sopan, ada sekitar 2.000 guru yang pensiun. Sedangkan jumlah guru yang ada saat ini 104 ribu. “Jika setiap tahun ada yang pensiun dan tidak ada perekrutan, maka kemungkinan besar terjadi krisis guru,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PGRI, Unifah Rasyidi, meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memperbaiki tata kelola guru. Unifah meminta guru jangan terlalu banyak dibebani hal-hal yang administratif. Selain itu juga perlu ada format baru untuk mengatasi kekurangan guru. “Perlu ada penyelesaian untuk guru honorer terutama yang bekerja di daerah tertinggal, terluar dan terdepan,” kata Unifah.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *