Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Sumsel Dukung Program Kementerian Desa 2017

taufiqurokhman.com – Pemeritah Provinsi Sumatera Selatan mendukung program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 2017 yang berfokus pada peningkatan ekonomi desa dari sektor usaha dan pertanian, serta pembentukan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Rabu, mengatakan, sudah saatnya desa didorong mandiri dengan membuat usaha yang bisa menghasilkan, bukan hanya di bidang Infrastruktur semata. “Kami sangat menyambut baik rencana kerja Kementerian Desa tahun 2017 dan Sumsel menunggu untuk segera ditindaklanjuti,” kata dia.

Sumsel memiliki 2.859 desa dengan dana desa yang digulirkan pemerintah senilai Rp1,78 triliun. Sejak Undang-Undang (UU) No 6/2014 tentang Desa berlaku, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial.

Sebagai lembaga komersial, BUMDes menjadi salah satu program strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang ada di pedesaan. Sementara sebagai lembaga sosial, BUMDes harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial.

Alex mengatakan, pemerintah bukan sebatas mengucurkan dana desa tapi secara terus menerus membina agar desa-desa memiliki Badan Usaha Milik Desa yang bisa menghasilkan pendapatan guna membangun desa. “Tahun ini diharapkan seluruh desa di Sumsel mempunyai BUMDes. Nantinya dana desa bukan lagi jadi sumber utama pembangunan desa, tapi hanya stimulus. Sementara desa tersebut punya pendapatan lain sendiri yang diharapkan suatu saat bisa lebih besar dari dana desa,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo memaparkan fokus program kerja 2017 ialah peningkatan ekonomi desa dari sektor usaha dan pertanian. Eko di Jakarta, Selasa (17/1/2017), memaparkan program kerja 2017 mulai dari pengembangan desa fokus, pembangunan embung air desa, pembangunan sarana olahraga, dan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

 

 

ant

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *