Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Sri Mulyani Optimis RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Kelima di Dunia

taufiqurokhman.com – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memperkirakan, kondisi perekonomian Indonesia pada tahun 2045 akan semakin berkembang. Bahkan, tak menutup kemungkinan perekonomian Indonesia mampu berada di peringkat lima perekonomian terbesar di dunia. Namun demikian, ada syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan tersebut, mulai dari kesiapan infrastruktur dan teknologi, perbaikan kualitas sumber daya manusia, optimalisasi sumber daya alam, kredibilitas instrumen fiskal sampai dengan pemetaan tata ruang yang tepat.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, ini kelas yang sangat tinggi dan mampu menjadi basis pembangunan apapun karena ini sangat besar. Sri Mulyani mengatakan, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia pada tahun 2045 bisa mencapai US$30 ribu dengan proyeksi penduduk sebanyak 309 juta jiwa, di mana di antaranya 52 persen usia produktif, 80 persen kelas menengah, dan 75 persen penduduk tinggal di kota. “Sementara struktur penopang perekonomian, diperkirakan 73 persen berasal dari sektor jasa,” katanya di Jakarta, Selasa malam, (14/3/2017).

Namun mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan, hal tersebut akan sulit tercapai tanpa adanya peran dari para pemantau kepentingan terkait. Ani optimistis, apabila melakukan prasyarat-prasyarat yang sudah ditetapkan, bukan tidak mungkin proyeksi tersebut bisa tercapai. “Kita bisa menjadi pemain besar di Asia dan dunia. Inilah masa depan Indonesia,” katanya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *