Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Smarphone Anda Hilang, Google Punya Cara Menemukannya

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Meski tak bisa lepas dari gadget bernama smartphone, Anda mungkin pernah tak sadar menaruh perangkat tersebut di suatu tempat. Bisa jadi smartphone miliki Anda terjatuh atau pun berpindah tangan karena dicuri. Mengetahui hal tersebut, Anda akan panik. Namun ternyata ada cara yang terbilang mudah untuk mengetahui lokasi di mana smartphone Anda berada. Google telah menyiapkan fitur pelacakan perangkat Android melalui sinyal GPS.

Demikian sebagaimana dikutip dari Business Insider, Minggu (23/7/2017), hal pertama yang perlu dilakukan mengingat akun Google yang dipakai pada smartphone Anda yang hilang dan jangan lupa passwordnya. Setelah itu, lakukan sign in pada akun tersebut di perangkat lain. Selanjutnya, buka peramban atau browser dan lakukan pencarian dengan kata kunci ‘Where’s my phone?’. Anda akan diarahkan pada sebuah peta, sementara Google memproses pencarian lokasi.

Selain itu Google juga akan mengetahui tipe serta merek ponsel Anda yang hilang. Setelah Google melakukan pencarian, maka lokasi smartphone Anda yang hilang pun akan terlihat. Meski demikian kadang kala lokasi yang ditampilkan oleh Google hanya sebagai acuan lokasi. Anda masih perlu mengingat-ingat di mana terakhir kali Anda berkunjung. Fitur tersebut sebenarnya bagian dari program Google device manager yang tersedia melalui toko aplikasi Play Store.

Untuk mendeteksi perangkat, Anda bisa menyentuh menu ‘Play Sound’ untuk membunyikan suara pada smartphone yang hilang, atau jika tak kunjung ditemukan, Anda juga bisa menghapus atau mengunci seluruh data pada ponsel melalui menu ‘Enable Lock & Erase’. Pastikan smartphone yang Anda cari masih dalam keadaan aktif. Sebab jika perangkat tersebut dalam keadaan mati atau kehabisan baterai, pencarian lokasi akan menjadi lebih sulit atau bahkan gagal.

Selain itu meski pengguna iPhone dapat menggunakan e-mail Google, bukan berarti mereka bisa memanfaatkan fitur tersebut di perangkatnya. Pasalnya, cara tersebut hanya bisa dilakukan pada smartphone dengan sistem operasi Android.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *