Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Simak, Lima Langkah Cepat Hilangkan Stress

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Stress merupakan bagian dari keberadaan kita, sama seperti emosi, sukacita, ketakutan, dan kesedihan. Itu mungkin alasan setiap insan harus belajar menerima stress sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Anehnya, penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat stress yang normal bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, membantu kita menjadi bugar, mempertajam ingatan kita dan yang terpenting adalah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

WHO menyatakan bahwa saat ini, lebih dari 260 juta orang di seluruh dunia menderita gangguan kecemasan. Banyak orang yang tetap kewalahan dan tidak mampu mengatasi stress dan kecemasan ini. Berikut ini adalah lima langkah ini untuk menghilangkan stress dilansir dari laman India Times:

1. Kenali Emosi Diri
Luangkan satu menit atau lebih untuk mengukur bagaimana perasaan anda saat ini. Penelitian menyatakan bahwa langkah pertama untuk mengatasi stres adalah mengenali emosi dan memberinya label dengan kata sifat yang masuk akal bagi kamu.

2. Tarik Nafas Dalam
Ini adalah salah satu teknik yang selalu ampuh untuk mengurangi stres. Gunakan pernapasan perut untuk segera membebaskan diri dari stres. Tarik napas dan hembuskan napas dalam-dalam hingga hitungan lima. Ini mungkin cara paling sederhana dan paling efektif untuk menenangkan diri.

3. Tulis Isi Hati Anda
Luangkan waktu sebentar untuk menuliskan pemikiran dan perasaan Anda pada saat itu. Setelah menulisnya biarkan apa yang kamu tulis itu dibuang ke tempat sampah. Ini akan membantu kamu melepaskan beberapa emosi dan frustrasi yang terpendam.

4. Batasi Pikiran Anda dengan Menantang Diri Sendiri
Tantang diri untuk melakukan sesuatu yang dapat mengubah caramu untuk mengatasi rasa frustasimu. Misalnya seperti memberi nasihat kepada diri sendiri seperti kepada sahabatmu.

5. Coba Lebih Bersyukur
Sudah saatnya mengalihkan fokus dari diri anda ke yang lain untuk melihat bagaimana kamu dapat membantu mereka, seperti yang kamu lakukan untuk diri sendiri. Hal ini akan mengalihkan perhatianmu. Semakin kamu berusaha untuk menghilangkan stres itu sendiri, semakin efektif dan membuat kamu tenang dalam hitungan menit.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *