Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Siap-Siap, 35.249 PNS Daerah Segera Dimutasi

Taufiqurokhman.com – Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat mengatakan bahwa sebanyak 35.249 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera dimutasi. Hal ini dilakukan guna efisiens dan memaksimalkan fungsi pegawai yang selama ini banyak “nganggurnya”. Pengalihan PNS ini ada yang dari provinsi ke kabupaten/kota, kabupaten/kota ke provinsi maupun pusat.

“35.249 PNS yang dialihkan ini baru tahap awal saja. Mestinya lebih banyak dari jumlah tersebut karena baru tujuh provinsi yang mengajukan dan siap dilakukan redistribusi pegawai,” terang Tumpak seperti dilansir JPNN, Selasa (19/4/2016).

Menurut Tumpak, kebijakan pengalihan status PNS daerah (kab/kota ataupun provinsi) harus secepatnya dilakukan. Dia juga mengungkapkan, SK pengalihan 35.249 PNS daerah ini sudah ditetapkan sesuai dengan jenis urusan atau jabatannya masing-masing. Sementara untuk pelaksanaannya sendiri sudah mulai berjalan begitu SK ditetapkan

Kebijakan ini memang akan berimbas pada banyaknya kontroversi di kalangan PNS maupun pemda.‎ Baik PNS bersangkutan yang menolak dimutasi serta instansi pemda yang ditinggalkan.

“Pemda dan masyarakat harus tahu, pengalihan PNS daerah (kab/kota dan provinsi) sebagai dampak UU 23/2014 tentang Pemda. Itu sebabnya, BKN telah mengeluarkan enam Perka (Peraturan Kepala) terkait pelaksanaan pemindahan status PNS ini.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *