Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Sandi Uno Harap, Relokasi Warga Harus Manusiawi

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Wakil gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, mendukung penuh langkah Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dengan syarat terkait penggusuran beberapa bangunan di Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017).

Sandi mengatakan, solusi terkait masalah lapangan kerja di tempat baru menjadi poin penting jika ingin merelokasi warga. Hal yang tak kalah penting, menurut Sandi, relokasi harus dilakukan dengan pendekatan yang manusiawi. Warga harus diajak untuk berdialog dengan membahas semua aspek terkait imbas dari pemindahan. “Bukit Duri ini lokasinya memang sudah berulang kali disosialisasikan. Pokoknya kita dukung langkah Pak Djarot dan jajarannya selama ada solusi kepada warga tentang masalah pendidikannya, lapangan kerjanya. Itu yang harus dipikirkan,” kata dia.

Janji Anies-Sandi dalam kampanye Pilkada DKI, salah satunya adalah melibatkan warga untuk berdialog terkait masalah relokasi. Semua aspek sebagai imbas dari penggusuran juga harus dipikirkan. Mulai dari pekerjaan di tempat baru, sekolah anak, hingga akses di tempat baru yang mudah dijangkau.

Pemerintah DKI Jakarta kembali melakukan penggusuran di bantaran Kali Ciliwung, Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Sekitar 220 personel Satpol PP, kepolisian, dan TNI dikerahkan dalam operasi kali ini. Ada total 345 bidang bangunan yang ditertibkan hari ini dengan target 333 kepala keluarga (KK). Semuanya terpusat di RT 001, 002, 003, dan 004 RW 12 Kelurahan Bukit Duri.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *