Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Ridwan Kamil Janjikan Jabar Akan Jadi Pemasok Telur Nasional

taufiqurokhman.com (Ciamis) – Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tertarik untuk menduplikasi usaha peternakan ayam petelur di Kabupaten Ciamis ke daerah-daerah lain di Jawa Barat. Rencana ini disampaikan Ridwan Kamil saat bersilaturahmi dengan Paguyuban Peternak Ayam Petelur Kabupaten Ciamis (P2APC) di Desa Cigembot, Muktisari, Ciamis.

Menurut Ridwan Kamil, beberapa daerah yang memiliki cuaca seperti Ciamis dapat memanfaatkan lahan tidur yang dimiliki untuk membangun usaha ayam petelur. “Jika saya terpilih sebagai gubernur, bantu saya untuk menduplikasikan usaha yang dikelola oleh P2APC ini di daerah lain,” pinta Ridwan.

Alasan Ridwan Kamil menduplikasi usaha ayam petelur didasarkan pada potensi pengembangan pasarnya yang masih terbentang luas, namun masih belum terpenuhi oleh pasokan dari Ciamis. “Harapannya, nanti berawal dari Ciamis, Jabar akan menjadi pemasok utama telur di tingkat nasional,” tegasnya dalam rilis.

Terkait dukungan perbankan untuk meningkatkan skala usaha para peternak ayam petelur, yang masih minim Ridwan Kamil berjanji akan membantu memfasilitasi agar perbankan dapat mengubah kategori resiko kredit untuk usaha dari zona merah (beresiko tinggi) menjadi zona biru.

Selain itu, usaha peternakan ayam petelur juga dapat menjadi model program Satu Desa Satu Usaha yang menjadi program unggulan pasangan RINDU. “Dengan program satu desa satu usaha, diharapkan dapat mendorong warga desa untuk mandiri. Tugas Gubernur nantinya adalah memastikan program ini berjalan, desa menjadi mandiri, sehingga warga desa tidak harus pindah ke kota,” jelasnya.

Warga desa juga tidak perlu khawatir dalam hal permodalan karena pasangan RINDU sudah menyiapkan program Kredit Mesra yang terbukti sudah berhasil di Kota Bandung. “Untuk kredit mesra ini, ibu-ibu cukup datang ke mesjid, nanti masjid akan bekerjsama dengan BPR-BPR yang telah ditunjuk untuk menyalurkan kredit” jelas Kang Emil.

Agar program yang digagas pasangan RINDU dapat berjalan, Ridwan Kamil akan turun langsung ke lapangan, memastikan setiap program direalisasikan dengan baik. Juga setiap keluhan warga, tak hanya ditampung, tapi juga ditindaklanjuti. Jika terpilih sebagai gubernur, Ridwan Kamil juga berjanji untuk datang kembali ke Ciamis, dan membantu pengembangan infrastruktur.

Ridwan Kamil juga mendorong agar para peternak telur di Ciamis bersedia membangun desa-desa lainnya di Jawa Barat, agar seperti desa petelur di Ciamis ini. “Harapannya, yang sudah berhasil semakin sukses membangun usaha, yang masih kecilpun skalanya ikut terkerek naik, karena inilah yang menjadi visi Rindu untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin.” pungkasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *