Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Remaja India Ciptakan Satelit Terkecil di Dunia

taufiqurokhman.com (Tamil Nadu) – Seorang remaja asal Tamil Nadu, India telah membuat satelit yang diklaim sebagai satelit paling ringan di dunia. Menurut kabar, satelit tersebut akan diluncurkan oleh NASA nanti di Amerika Serikat. Dilansir dari BBC, Senin (3/7/2017), satelit ciptaan remaja berusia 18 tahun itu dipilih sebagai pemenang dalam kompetisi desain anak muda.

Rifath Sharook 1Remaja bernama Rifath Sharook tersebut mengatakan, tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan kinerja serat karbon cetak 3D. Ia juga mengatakan kepada media lokal bahwa penemuannya akan melakukan misi empat jam untuk penerbangan sub-orbital. Selama empat jam penerbangan, satelit paling ringan ini akan beroperasi sekitar 12 menit di lingkungan gravitasi mikro. “Kami merancangnya sepenuhnya dari awal.Satelit ini akan memiliki komputer on-board baru dan delapan sensor built-in asli untuk mengukur percepatan, rotasi, dan magnetosfer Bumi,” kata Rifath.

Satelit paling ringan yang pernah ada itu dinamakan KalamSat setelah mantan presiden India Abdul Kalam yang telah mempelopori ambisi ilmiah aeronautika negara tersebut. Proyeknya dipilih dalam sebuah tantangan yang disebut Cubes in Space yang diselenggarakan oleh perusahaan pendidikan idoodle dengan dukungan dari NASA dan Colorado Grant Grant Consortium.

KalamSat bukanlah penemuan pertama pemuda ini. Pada usia 15, dia membangun balon cuaca helium sebagai bagian dari kompetisi nasional untuk ilmuwan muda.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *