Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pulau Widi, Maldives-nya Indonesia

taufiqurokhman.com (Halmahera) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan berani mengkampanyekan Pulau Widi yang ada di wilayahnya sebagai jelmaan kepulauan Maldives yang sudah lebih dulu tersohor sebagai destinasi liburan selebriti dunia. Nur Kamarullah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Halmahera Selatan menuturkan pemerintah daerahnya tengah mempromosikan habis-habisan Pulau Widi.

Widi-3Menurut Nur Kamarullah, banyak turis asing yang telah menyaksikan keindahan Pulau Widi, menyebutnya sebagai Maldives alias Maladewa rasa Indonesia. Dikatakannya, keindahan pulau Widi mendapat apresiasi turis mancanegara karena memiliki hamparan pasir putih yang luas dan dilengkapi gerombolan hutan bakau yang hijau. “Pulau Widi rencananya akan dijadikan magnet utama pariwisata di Halmahera Selatan saat Widi International Fishing Tournament dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober mendatang,” kata Nur Kamarullah dalam keterangan resmi, Jumat (12/5/2017).

Nur Kamarullah mencatat setidaknya ada 100 orang atlet memancing internasional yang telah mendaftarkan diri ikut turnamen tersebut. Menurutnya, setelah International Fishing Tournament dibuka oleh Jokowi, Pemda akan menggelar Festival Kuliner dan Budaya dengan luas area pameran sekitar 2 hektare.

Widi-1Kegiatan mempromosikan Pulau Widi gencar dilakukan Pemkab Halmahera Selatan. Diantaranya dengan mengikuti Pameran Diving di Jakarta, Festival Legu Gam di Maluku Utara, dan pameran Produk Kreatif dan Investasi Daerah (GKPN EXPO 2017) di Yogyakarta. “Dalam festival di Pulau Widi nanti, kami juga akan memperkenalkan kepulauan lain seperti Tanjung Tauno sebagai habitat duyung dan Tanjung Santari sebagai wilayah budidaya habitat rumput laut,” tegasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *