Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Prestasi Akademis Mahasiswa Anjlok Akibat Ponsel

taufiqurokhman.com (Stellenbosch) – Teknologi digital, terutama smartphone atau telepon seluler menjadi bagian penting dari kehidupan saat ini. Seseorang minimal menghabiskan tiga jam sehari untuk memainkan ponsel mereka. Tim dari Universitas Stellenbosch, Afrika Selatan mencoba meneliti dampak dunia digital pada tingkat konsentrasi mahasiswa selama kuliah di kelas.

Kepala penelitian, Le Roux mengatakan individu yang lahir setelah 1980-an adalah individu yang dikelilingi media digital secara masif. Mereka selalu terhubung, selalu diperbaharui, dan dipengaruhi oleh digital. “Mereka bermasalah dalam perspektif kontrol kognitif dan proses belajar mengajar,” kata Le Roux, dilansir dari Science Daily, Selasa (31/10/2017).

Alasan pertama, mereka terbiasa multitasking saat berkuliah, yaitu bermain ponsel dan pada saat bersamaan memperhatikan dosen yang mengajar di kelas. Ini justru menyebabkan prestasi akademis mereka rendah. Kedua, kemampuan mahasiswa untuk berkonsentrasi pada hal-hal tertentu dalam jangka panjang. Di Amerika Serikat, perangkat komputasi mobile dapat mengganggu konsentrasi mahasiswa pada umumnya.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *