Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Presidential Threshold 0%, Berpotensi Munculkan Capres Alternatif

taufiqurokhman.com (Jakarta) – RUU Pemilu hingga kini masih menjadi pembahasan di DPR. Salah satu isu krusial yang masih dalam pembahasan adalah soal ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold). Peneliti Kode Inisiatif, Adam Mulya, menilai dengan tidak adanya ambang batas atau presidential threshold 0% maka telah sesuai dengan ketentuan konstitusi.

Ia menilai, dampak positif dari presidential threshold 0% adalah berpotensi munculnya alternatif calon presiden baru. “Sisi positif secara praktis ketika PT 0% maka akan dimungkinkan munculnya presiden alternatif atau tidak sosok itu-itu saja,” ujarnya, Jumat(9/6/2017).

Ia pun mencontohkan Pilpres tahun 2004 dan 2009 yang miliki pasangan calon hanya dari partai politik lama. Oleh karena itu, dengan presidential threshold 0%, menurut Adam, masyarakat bakal memiliki banyak pilihan untuk memilih capres. “Nah yang langsung ke masyarakat jelas ketika banyak capres alternatif maka itu memberikan kesempatan yang baik bagi pemilih yakni masyarakat untuk menentukan presiden dan wapres pilihannya,” katanya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *