Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pola Asuh Orangtua Bisa Sebabkan Bullying

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Kasus bullying atau perundungan pada anak marak terjadi belakangan ini. Celakanya, pelaku dan korban masih terbilang anak-anak. Psikolog Anak dan Remaja, Astrid WEN, mengatakan ada banyak hal yang menyebabkan anak-anak melakukan perundungan. Salah satunya pola asuh orangtua mereka di rumah. Anak yang terbiasa mendapatkan pola asuh tidak baik, seperti sering mendapatkan kekerasan baik fisik maupun verbal, sering menjadi sasaran amarah orangtua, mereka cenderung akan melakukan hal yang sama pada teman-temannya.

Bullying Utama dalamMereka akan menganggap itu merupakan sesuatu yang wajar atau lumrah. “Karena mereka tahunya begitu, cara mereka dididik, diperlakukan seperti itu, mereka dimarahi, mungkin di rumah mereka, orang tua mereka melakukan hal seperti itu juga ke mereka. Bisa juga mereka diabaikan dirumah, orang tua dianggap tidak penting. Ketika mereka kesal, mereka pun melampiaskannya ke orang lain,” katanya.

Selain itu, bullying atau perundungan biasanya terjadi pada anak yang cenderung pendiam. Pelaku perundungan tahu anak-anak yang pendiam tak akan berani melaporkan perlakuan mereka. “Jadi kita juga bisa melihat history kekerasan yang terjadi pada mereka. Mereka yang pelaku perundungan bisa juga jadi korban,” katanya.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *