Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pertamina Tambah Dua Kapal Tanker Pengangkut Minyak Mentah

Taufiqurokhman.com – PT Pertamina (Persero) belum lama ini telah melakukan serah terima pembelian dua kapal tanker berkonsep Eco-Ship, yaitu MT Sanana dan MT Serui. Serah terima dua kapal yang ditaksir mencapai US$ 62 juta itu dilakukan oleh New Times Shipbuilding kepada Pertamina, yang diterima secara simbolik oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, kemarin (27/3/2016).

Nantinya, kedua kapal yang memiliki bobot mati masing-masing 40.000 long ton dead weight (LTDW) itu akan digunakan untuk mengangkut minyak mentah ke kilang-kilang Pertamina. Demikian dilansir Taufiqurokhman dari Kontan.co.id.

Kapasitas daya angkut dari kapal ini juga diyakini akan jauh lebih besar dibanding dengan kapal reguler dengan bobot yang sama. Dimana kapal dengan investasi masing-masing US$ 31 juta ini sanggup mengangkut minyak mentah maksimal 315 ribu barel. Sementara kapal reguler Cuma sanggup sekitar 200 ribu barel saja.

Dwi Soetjipto dalam keterangan tertulisnya menyatakan, dengan menggunakan konsep Eco-Ship, maka kapal ini bisa memberikan keuntungan yang lebih besar bagi Pertamina. Hal ini bisa dilihat dari sisi daya angkut dari kapal ini.

“Di mana total cost transportasi menjadi pertaruhan Pertamina dalam persaingan bisnis hilir migas,” kata Dwi.

Dengan adanya kedua kapal tanker ini, maka jumlah kapal tanker milik Pertamina kini mencapai 68 dari total 273 kapal pengangkut energi yang dioperasikan Pertamina untuk menjamin ketahanan energi nasional.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *