Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Perokok Wanita Berisiko Terkena Kanker Serviks

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Tidak banyak orang mengetahui bahwa rokok bisa menjadi faktor risiko penyakit kanker serviks. Dokter umum program Paliatif Homecare yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Fitria Pratiwi mengatakan, memang human papillomavirus (HPV) merupakan penyebab kanker serviks lewat hubungan seksual.

Namun, rokok juga menjadi faktor risiko yang bisa menyebabkan penyakit tersebut. “Rokok itu kan menyebabkan karsinogenik. Asapnya menyebar ke saluran reproduksi, misalnya sudah ada virus yang melemah, makin menjadi dan merusak,” ujarnya di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Zat-zat yang terkandung dalam sebatang rokok inilah yang kemudian menyebabkan munculnya radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel dan berkembang menjadi banyak di dalam tubuh kaum hawa yang sudah terdapat virus HPV. Pada akhirnya, akan menyebabkan kanker.

Meski begitu, faktor risiko ini tidaklah terlalu signifkan. “Signifikan hanya beberapa persen sih, tapi itu ada porsi masing-masing” ujar dr Fitria. Yang jelas, kata dia, rokok juga bisa menjadi faktor risiko kanker serviks. Meski tak merokok, bukan berarti menjadi aman dari serangan virus tersebut. Perempuan yang menjadi perokok pasif juga tak luput dari ancaman ini

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *