Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Permudah Pencarian Arah Kiblat, Google Hadirkan Qibla Finder

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Saat sedang saffar atau sedang dalam perjalanan jauh, umumnya Umat Muslim kesulitan mencari arah kiblat. Karena itulah mendekati musim mudik Lebaran tahun ini, Google memperkenalkan Qibla Finder.

Qibla Finder merupakan fitur pencari arah kiblat bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. “Qibla Finder Google ini berbeda dengan yang lain karena dilengkapi fitur augmented reality yang membuat pengguna semakin jelas mengetahui arah kiblat,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Jakarta, Kamis (16/05/2019).

Veronica menjelaskan bagaimana pengguna dapat memanfaatkan Qibla Finder. Pertama Anda cukup mencari arah kiblat di Google Search dengan mengetik kata ‘Ramadan’, ‘bulan Ramadan’, atau ‘Puasa’.

Selanjutnya akan muncul tab di paling atas halaman awal pencarian yang disebut Box Ramadan. Di sini terdapat dua fitur yakni Arah Kiblat dan Jadwal Salat. Setelah itu, pilih arah kiblat.

Selanjutnya pilih bahasa dan tekan tombol Mulai. Setelah itu tekan tombol Oke. Jika browser meminta izin untuk mengkases fitur kamera dan lokasi, tekantombol Izinkan. Agar petunjuk arah bisa seakurat mungkin, lakukanlah kalibrasi kompas. Selanjutnya browser akan menampilkan sebuah kompas dengan garis biru yang menuju ke arah Kiblat.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *