Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pengamat Sebut, Kenaikan TDL Semakin Melilit Leher Rakyat Kecil

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk rumah tangga golongan pelanggan 900 Volt Ampere (VA) yang sudah dilakukan secara bertahap sejak Januari, Maret, dan Mei 2017 lalu sangat disayangkan karena menimbulkan kesan bahwa pemerintah terkesan tidak sensitif saat situasi masyarakat Indonesia sedang sulit, pengangguran, dan angka kemiskinan sedang naik. Hal tersebut disampaikan Pengamat Kebijakan Publik dan Pemerintahan, Dr. Taufiqurokhman, A.Ks., S.Sos., M.Si., di Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Lebih jauh dikatakan Taufik, di tengah kondisi yang sedang sulit seperti ini pemerintah dan PLN justru membuat masalah baru dengan menambah kesulitan hidup masyarakat Indonesia. “Apa tidak ada cara lain selain menaikan TDL 900 VA. Lalu, apakah sudah pas saatnya menaikkan TDL dalam kondisi dan situasi ekonomi tidak menentu. Saat ini rakyat bawah sedang susah. Apa tidak ada cara lain yang lebih baik,” tegas Taufik.

TDL TaufiqMenurutnya, bila alasannya karena Inflasi, sungguh itu adalah teori atau alasan yang sangat mengada-gada dan tidak mendasar. “Atau isu ini memang sengaja dilemparkan pada saat-saat ada momentum Umat Islam sedang mencari keadikan atas kasus penistaan agama. Ini artinya, memadamkan api (isue) dengan api yang lebih besar. Ini sama artinya melilit leher rakyat kecil dengan cara menaikkan harga TDL,” tandasnya.

Taufik berharap pemerintah lebih cerdas menyikapi berbagai macam masalah yang melilit bangsa saat ini. Dikatakannya, jangan sampai pemerintah sendiri tidak menjadi tauladan atas sikap dan pernyataan di publik yang berbeda antar-pemimpin di kabinet. “Masalah bangsa bisa diselesaikan dengan persatuan dan kesatuan semua elemen bukan sebaliknya, justru malah memberatkan rakyat Indonesia,” harapnya.

Sebagai Pengamat Kebijakan Publik dan Pemerintahan sekaligus seorang akademisi, Taufik berharap kawan-kawan mahasiswa Indonesia turut membantu menyuarakan kesusahan rakyat Indonesia dengan naiknya harga TDL. “Mari bergandengan tangan untuk menolak kenaikan TDL yang dilakukan pemerintah. Karena kebijakan ini sangat menyulitkan rakyat Indonesia,” pungkas Taufik.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *