Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pengajuan Gelar Profesor Dipersingkat Jadi 2 Bulan

Taufiqurokhman.com – Dirjen SDM Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti mengatakan bahwa proses pengajuan gelar profesor kini telah dipermudah dan dipersingkat menjadi dua bulan. Hal ini disampaikan olehnya saat menghadiri acara pengukuhan guru besar ilmu administrasi program pascasarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Paiman Raharjo, M.M., M.Si pada Kamis (11/8/2016) kemarin.
“Kami melakukan terobosan baru. Kalau dulu kan bisa sampai enam tahun untuk bisa mendapatkan gelar profesor, kalau sekarang maksimal hanya dua bulan saja,” kata Ghufron di gedung FKG Moestopo, Bintaro.
Walau pengajuannya cukup singkat, tapi kata Ghufron, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kualitas dan berbagai persyaratan untuk menjadi profesor seperti pada tahun sebelumnya.
“Jadi dalam jangka waktu dua bulan itu, calon profesor juga harus sudah bisa mengetahui apakah pengajuan tersebut disetujui atau tidak oleh Kemenristekdikti, dan disertai alasan apabila pengajuan itu ditolak,” jelasnya.
Ia mengatakan dosen yang mengajukan gelar profesor bisa diproses setelah mendapat persetujuan dari pimpinan perguruan tinggi setempat, kemudian pihaknya bisa memberikan hasilnya dalam waktu dua bulan.
“Karena saat ini jumlah dosen bergelar profesor masih minim yakni sekitar 5.000 orang,” pungkasnya.
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *