Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Peneliti Temukan Tulang Dinosaurus Berusia 72 Juta Tahun

taufiqurokhman.com (Tokyo) – Peneliti mengklaim telah menemukan tulang dinosaurus lengkap yang dipercaya berusia 72 juta tahun. Fosil tulang ini merupakan yang terbesar yang pernah ditemukan oleh peneliti di Jepang. Dilansir Ibtimes, Rabu (7/6/2017), peneliti telah mengungkap tulang lengkap dari dinosaurus dengan paruh menyerupai bebek. Dinosaurus pemakan tumbuhan itu ditemukan di Hobetsu district of Mukawa Town yang terletak di pulau utara Hokkaido.

Meskipun spesies dari dinosaurus tersebut masih belum diketahui pasti, namun ilmuwan memberi nama dinosaurus itu dengan sebutan ‘Mukawaryu’ (Mukawa dragon). Peneliti tampaknya masih belum menentukan jenis dinosaurus yang ditemukan itu. Sebab, terdapat 50 jenis dinosaurus hadrosaurid yang dibagi ke dalam dua kelompok, Hadrosaurinae dan Lambeosaurinae.

“Meskipun Mukawaryu memiliki beberapa karakteristik dari kedua kelompok, analisis pendahuluan kami mengindikasikan bahwa hal itu mungkin termasuk dalam Hadrosaurinae. Pembersihan lebih lanjut fosil dan penelitian terperinci harus memperjelas kelompok mana kerangka Mukawaryu,” kata pemimpin peneliti Dr. Yoshitsugu Kobayashi.

Fosil ini pertama kali ditemukan pada 2013, ketika ahli paleontologi dari Universitas Hokkaido dan Museum Hobetsu di Mukawa memulai proses penggalian. Penemuan ini menandai penemuan ketiga di dunia, di mana kerangka lengkap spesimen itu ditemukan dari lapisan laut. “Kami pertama kali menemukan bagian kerangka fosil Mukawaryu pada 2013, dan setelah serangkaian penggalian, kami percaya bahwa kami telah membersihkan lebih dari separuh tulang yang dinosaurus itu miliki, sehingga jelas bahwa ini adalah kerangka yang lengkap,” kata Kobayashi.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *