Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pembangkit Listrik Virtual Terbesar di Dunia dari Telsa

taufiqurokhman.com (Adelaide) – Tesla tengah merancang pembangkit listrik virtual terbesar di dunia. Pembangkit listrik yang ditargetkan rampung empat tahun lagi itu akan menjadi sumber listrik bagi 50 ribu rumah di Australia Selatan. Dalam program tersebut, rumah tangga akan mendapat sumber listrik dari panel surya dan baterai Powerwall keluaran Tesla. Sumber listrik tersebut juga akan menjadi bagian dari jaringan energi yang lebih besar.

Kekuatan yang dihasilkan oleh sistem individual tersebut akan menyediakan listrik ke rumah tempat pemasangannya. Tak hanya itu, sistem sekaligus mengirim daya ekstra ke jaringan untuk didistribusikan ke lokasi lain sesuai kebutuhan. Setelah rampung nanti, jaringan tersebut akan menjadi yang terbesar di antara jenisnya. Kapasitas maksimumnya bisa menjadi sumber daya untuk sekitar 75 ribu rumah dan diestimasikan menekan tagihan listrik hingga sebesar 30 persen.

Angka penghematan tersebut dapat terus meningkat setelah pembangkit listrik disempurnakan. Saat ini, uji coba program telah dilakukan pada 1.100 rumah di Australia Selatan dan sebelum peresmian akan dilanjutkan pada 24 ribu rumah lain.

Premier Australia Selatan, Jay Weatherill, telah mengimbau masyarakat untuk mengunjungi situs resmi terkait untuk mengakses informasi lebih lanjut. Ia menyebutkan bahwa masyarakat telah menunjukkan minat tinggi terhadap program tersebut. “Lebih dari 4.000 orang telah menunjukkan minat mereka untuk menjadi bagian dari Virtual Power Plant terbesar dunia di Australia Selatan,” ungkap Weatherill via Twitter, dikutip dari Mashable.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *