Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pemanis Buatan Bantu Tubuh Lebih Langsing

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Beberapa pelaku diet badan mungkin bersumpah dengan pemanis buatan sejak fajar sampai senja. Lagi pula, pemanis buatan lebih sehat dan tidak berenergi setara dengan gula asli kan? Selain menjadi salah satu ahli gizi makanan tidak pernah menganjurkannya, sebuah laporan baru menunjukkan bahwa pemanis seperti aspartame dan sucralose mungkin memiliki efek sebaliknya. Justru membuat bertambah gemuk dan tidak kehilangan berat badan.

Seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, tim periset meninjau 37 penelitian, termasuk uji coba secara acak (jangka pendek) dan observasional (jangka panjang). Sementara hasil dalam uji coba acak tidak menemukan dampak signifikan penggunaan pemanis pada indeks massa tubuh (BMI), studi pengamatan mencatat peningkatan BMI yang kecil terkait penggunaan pemanis.

Studi ini juga melaporkan kemungkinan 14 persen lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dan kemungkinan 32 persen lebih tinggi mengalami masalah kardiovaskular untuk yang terberat dibandingkan pengguna yang paling ringan. “Kami benar-benar tertarik pada orang sehari-hari yang mengonsumsi produk ini untuk tidak menurunkan berat badan, tapi karena mereka pikir ini adalah pilihan yang lebih sehat, selama bertahun-tahun,” ujar Meghan Azad, penulis utama kajian dan ilmuwan riset di Universitas Dari Manitoba.

Menurutnya, saat ini tidak ada manfaat yang jelas untuk menurunkan berat badan, dan ada hubungan potensial dengan kenaikan berat badan, diabetes dan hasil kardiovaskular negatif lainnya. Ilmuwan masih belum yakin mengapa pemanis buatan memiliki dampak negatif pada kesehatan. Beberapa orang berhipotesis bahwa hal-hal manis dapat meningkatkan keinginan untuk makanan bergula, mengubah cara tubuh menangani gula asli, atau mengubah metabolisme menjadi lebih buruk.

Ketimbang mengonsumsi pemanis buatan coba lakukan beberapa perubahan sederhana. Azad merekomendasikan untuk memilih alternatif, seperti air biasa atau infused water, kopi hitam, atau yogurt polos yang dicampur dengan buah. Anda bisa mencoba cara ini untuk menurunkan berat badan secara dramatis juga.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *