Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pasar Tradisional dan UMKM Semakin ‘Go Online’

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Gerakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Go Online kembali hadir. Kali ini lebih fokus ke pasar-pasar tradisional. “Ini adalah program pemerintah. Kita mengajak masyarakat menggunakan teknologi digital. Gadget digunakan untuk berdagang akan lebih bagus,” kata Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan saat peresmian Gerakan UMKM Go Online 2019 di Pasar PTSP Tebet Timur, Jakarta, Selasa, (26/02/2019).

Dengan masuk ke pasar, gerakan ini akan memperkenalkan dan menyosialisasikan pedagang bisa berjualan online dan offline. Program ini akan dilakukan pada 20 kabupaten dan kota selama kuartal pertama tahun ini. Tahun ini ditargetkan ada 500 pasar yang bisa menjadi percontohan. Semuel mengatakan, program ini ditujukan agar para pedagang bisa memperluas market penjualan mereka.

Menurutnya, dengan berjualan online, para pedagang di pasar tidak harus lagi menunggu pembeli datang lagi. “Dengan adanya teknologi kita bisa menjemput bola. Menjemput ke pembeli lewat aplikasi,” kata Semuel.

Namun dia juga mengingatkan bahwa jualan online juga tidak mudah. Ada kepercayaan yang harus dibangun oleh pembeli. Menurut Semuel, online shop membuat pembeli tak bisa melihat secara langsung namun lewat gambarnya. “Kita harus memberikan data yang sebenarnya ke calon pembeli. Harus jujur semua,” ujar Semuel.

Kementerian Kominfo juga mengajak seluruh ekosistem ekonomi digital dalam program ini. Mulai dari platform penjualan online dan juga pembayaran digital. “Kan yang kita bawa ekosistem. Ada platform, payment-nya, logistiknya ingin memperkenalkan di pasar pun bisa menikmati yang namanya teknologi digital. Ini lho ada perubahan baru yang bisa dimanfaatkan juga,” tegasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *