Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Para Petani Harus Waspada Terhadap Pupuk Palsu

Taufiqurokhman.com – Beredarnya pupuk palsu yang telah berhasil dibongkar oleh pihak kepolisian membuat para petani diminta untuk selalu waspada. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia (Persero) Koeshartono.

Menurut dia, pihaknya sangat mengapresiasi pihak Kepolisian yang telah berhasil membongkar sindikat produsen pupuk palsu.

“Kami senantiasa untuk terus mendukung upaya Kepolisian dalam mengungkap dan mengusut tuntas pelaku praktek pemalsuan pupuk,” katanya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, terutama para petani untuk selalu mewaspadai keberadaan pupuk palsu atau pupuk berkualitas rendah di lapangan.

Karena menurutnya, pupuk palsu dan pupuk berkualitas rendah ini sangat merugikan petani karena kandungan unsur hara yang sangat rendah sehingga nyaris tidak bermanfaat sama sekali bagi tanaman.

Selain itu proses produksinya juga tidak terstandarisasi sehingga bisa saja tercampur bahan kimia yang berbahaya untuk tanaman dan manusia.

Untuk mengecoh para petani, pupuk yang dibuat oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab ini banyak menggunakan merk-merk yang mirip dengan produk Pupuk Indonesia maupun anak-anak perusahaannya.

“Kami punya produk NPK Phonska, merk produk ini digunakan produsen lain memasarkan produknya dengan merk seperti Ponskha, Poskha, dan lain sebagainya,” jelas Koeshartono.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Comments

1 Comment
  1. posted by
    Chairul Azhar
    Apr 19, 2016 Reply

    Good

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *