Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pantai Marumasa, Pantai Cantik di Bulukumba

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Sulawesi Selatan memang surganya pantai cantik. Di ibukotanya saja, berbagai pantai dengan pasir yang bersih memanjakan para pemudik yang jauh-jauh terbang ke sana. Sebut saja Pantai Losari dan Bira, yang sudah lama menyedot perhatian publik. Tidak hanya itu, belakangan ada tempat lain yang lebih menarik dengan keindahan alamnya. Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan dengan sejuta keindahan alam. sangat cocok didatangi sebagai lokasi wisata libur lebaran, di sini juga ada pantai tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Marumasa yang belakangan tengah hits di berbagai kalangan. Tidak hanya menawarkan laut yang biru, Marumasa juga menyuguhkan tebing eksotis untuk menikmati matahari terbit.

Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan dengan sejuta keindahan alam. Cocok banget didatangi sebagai wisata lebaran, di sini juga ada pantai tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Marumasa yang belakangan tengah hits di berbagai kalangan. Tidak hanya menawarkan laut yang biru, Marumasa yang juga menyuguhkan tebing eksotis untuk menikmati matahari terbit.

Bulukumba memang terkenal akan Pantai Tanjung Bira. Bahkan, destinasi ini sudah populer di mata wisatawan asing. Pun kalah populer, keindahan Marumasa tidak kalah menakjubkan. Garis pantai berwarna putih serta air lautnya yang bening dan tenang menjadi keunikan tersendiri bagi objek satu ini. Belum lagi dengan dua buah tebing yang makin membuat tempat ini sempurna untuk liburan di akhir pekan. Wah, kamu yang tengah liburan ke Pantai Tanjung Bira, bisa sekalian mampir ke sini loh. Jaraknya tidak jauh, hanya 4 kilometer.

Ingin main air atau pasir? Tenang, Marumasa menyediakan paket lengkap untuk kamu. Nah, di sudut lain juga ada spot asik bagi kamu yang suka hunting foto. Dari bebatuan, ayunan bahkan gardu pandang akan menyenangkan hati yang butuh piknik. Pengelola destinasi juga menyediakan hammock untuk kamu yang ingin duduk atau tiduran manis dengan sapuan angin pantai yang sejuk. Tidak hanya itu, tenda dengan perlengkapan lainnya juga bisa kamu sewa ketika ingin liburan lebih lama di sini. Ingat, untuk bermalam di sini, lebih baik izin kepada petugas setempat terlebih dahulu.

Akses Menuju Pantai Marumasa
Secara administratif, objek wisata ini terletak di desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari. Dari Kota Makassar, kamu perlu menghabiskan waktu selama 4,5 jam perjalanan. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi jalan ke lokasi lumayan buruk karena belum diaspal. Biasanya, beberapa wisatawan yang berkunjung memilih untuk sewa mobil beserta sopirnya dari Bulukumba. Hal tersebut juga mengantisipasi kalau tersesat di jalan karena salah arah.

Selain jalan, fasilitas di sekitar Pantai Marumasa memang masih belum tersedia. Karena itu pula, ada baiknya untuk bermalam di pantai dengan menyewa tenda serta membawa bekal dari rumah. Apalagi di sekitar objek wisata ini tidak ada akomodasi atau pun warung yang menyediakan makanan. Adapun tempat bermalam dapat ditemui di sekitar Tanjung Bira. Sebut saja Cosmos Bungalows yang harga sewanya mulai dari Rp270.000,- per malam. Soal kuliner, di sekitar sini banyak warung makan mulai dari menu padang hingga khas Sulawesi Selatan.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *