Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pansus Janji, RUU Pemilu Rampung Minggu Depan

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Ketua panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu Ahmad Riza Patria menyakini bahwa Revisi undang-undang (UU) Pemilu akan segera rampung setelah panitia khusus (pansus) membahas lima isu krusial pada Kamis 8 Juni 2017 besok. Namun apabila tidak menemukan keputusan, ia mengaku akan mengambil jalur voting untuk memutuskan perosoalan RUU Pemilu.

Adapun lima isu krusial yakni presidential threshold atau ambang batas presiden, parlementary threshold atau ambang batas parlemen, alokasi kursi per dapil, metode konvensi suara dam sistem pemilu. “Mungkin satu mingu diselesaikan selambat-lambatnya. Kita akan usahakan sebagaimana juga di diskusikan dengan arguemntasi masing-masing niat baik musayrawarah mufakat, voting itu jalan terakhri, sedapat mungkin kita akan lakukan voting,” kata Riza, Rabu (7/6/2017).

Selain itu Riza menyebutkan bahwa 15 isu yang sudah dibahas nantinya akan didalami kembali sesuai dengan keputusan pansus. Pengambilan keputusan sejumlah isu tersebut pun dilakukan empat kali yaitu pada 23, 24, 29 dan 30 Mei 2017. “Hari Senin kita sudah menyelsaikan isu-isu semua isu kecuali lima isu yang belum diputuskan terkait isu-isu lain sudah selesai semua. Nanti akan disisir ulang dan dirumuskan sesuai dengan keputusan pansus,” tuturnya.

Sekadar informasi 15 isu RUU Pemilu yang sudah diambil keputusan DPR dan pemerintah yakni syarat umur pemilih, sifat kelembagaan KPU/Bawaslu Kabupaten/Kota, izin kepala daerah kepada presiden jika dicalonkan parpol atau parpol gabungan sebagai capres atau cawapres. Kemudian, perselisihan parpol peserta pemilu, jumlah kursi DPR, pasangan calon tunggal presiden dan wapres.

Metode kampanye, iklan kampanye, dana kampanye, gambar parpol pada surat suara pilpres, tambahan tujuan huruf penyelenggaraan pemilu (huruf f), tambahan huruf penyelenggaraan pemilu (huruf g), verifikasi parpol peserta pemilu dan keterwakilan perempuan.

Sebelumnya diketahui, selain presidential threshold empat isu krusial lain dalam RUU Pemilu di antaranya, ambang batas parlemen (parliamentary threshold), alokasi kursi per dapil, metode konversi suara, dan sistem pemilu. Kelima isu krusial ini rencananya akan dibahas dan diambil keputusan mulai Kamis 8 Juni 2016.

okezone

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *