Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Pajak Motor Naik, Pemprov Banten Bakal Operasikan Samsat Gendong

Taufiqurokhman.com – Pemprov Banten berencana untuk mengoperasikan Samsat Gendong. Hal ini menyusul rencana kenaikan pajak kendaraan bermotor yang akan dilakukan dalam beberapa waktu mendatang. Dimana nantinya para petugas pajak yang menggunakan sepeda motor akan mendatangi langsung para warga yang ingin membayar pajak kendaraannya dengan membawa peralatan administrasinya secara lengkap yang digendong menggunakan tas.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelola Keuangan Daerah (DPPKD) Banten, Nandy S Mulya saat meluncurkan program peningkatan pelayanan di UPT DPPKD Provinsi Banten, di kantor Samsat Kota Serang baru-baru ini.

Dengan adanya samsat gendong, kata Nandy, uang yang telah dibayarkan wajib pajak langsung dilaporkan sehingga datanya dapat ter-record.

“Programnya sedang dicanangkan Samsat Kota Serang supaya masyarakat lebih mudah memenuhi kewajibannya,” ujarnya.

Dia juga menegaskan pihaknya sudah membuatkan sistem pajak dengan yang sudah menggunakan era teknologi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kebocoran pendapatan pajak kendaraan bermotor.

Dimana nantinya, menurut Nandy, pajak terhutang akan dapat diketahui, mengingat sistem teknologinya sudah dibuat. Begitu juga dengan banyaknya gerai samsat yang sudah tersebar di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau.

“Bagi wajib pajak yang juga rajin membayar pajak akan kita adakan reward. Misalnya, yang pertama kali datang ke mobil Samsat Keliling, lalu minta dilayani, akan diberikan hadiah. Ini barangkali salah satu rangsangan agar wajib pajak membayar pajak,” ungkap Nandy.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *