Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Morotai, Mutiara Mempesona Malut

taufiqurokhman.com (Morotai) – Selain gunung dan hamparan pemandangan sawah hijau nan menawan, laut merupakan destinati utama pilihan wisatawan untuk berlibur. Tidak dapat dipungkiri, siapa pun pasti betah berlama-lama di atas pasir putih dengan pemandangan air laut yang jernih dihiasi perahu-perahu pembawa wisatawan yang berlabuh di Pulau Dodola, Kabupaten Morotai, Maluku Utara.

Pulau Dodola menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk menikmati dataran yang terbagi dua antara Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil yang tersambung dengan jembatan pasir putih saat air laut surut. Bukan hanya Pulau Dodola, kabupaten yang terbentuk pada 20 Maret 2008 itu mempunyai banyak lokasi wisata bahari lainnya seperti Pulau Kokoya, Pulau Zumzum, Pasir Putih, Tanjung Gorango, serta lokasi-lokasi menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

Tanjung GorangoUntuk menikmati keindahan bawah laut Morotai di Maluku Utara ini sudah ada operator pemandu selam dan snorkeling yang menawarkan jasa dan penyewaan alat selam sehingga wisatawan yang berkunjung tak perlu repot untuk membawa peralatan menyelam. Karena keindahannya, kawasan ini telah ditetapkan pemerintah sebagai satu dari 10 destinasi prioritas di Indonesia. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan itu, pemerintah dan pemerintah daerah setempat mulai berbenah, hotel dan resort sudah mulai dibangun dan tak ketinggalan jalan trans lingkar Morotai untuk mempermudah akses ke lokasi-lokasi wisata.

Sampai saat ini kunjungan wisatawan ke pulau yang pernah dijadikan pangkalan militer Jepang dan Sekutu saat Perang Dunia II itu masih rendah karena hanya ada penerbangan sekali dalam sehari dengan jumlah 72 kursi. Pelaku usaha wisata setempat mengharapkan percepatan pelebaran Bandara Pitu, Morotai sehingga bisa mendaratkan pesawat besar agar wisatawan yang datang bisa lebih ramai.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *