Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Moestopo Go Publik Internasional dengan Ditandatanganinya MoU dengan BKSAP DPR RI

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Saat ini sudah saatnya perguruan tinggi di Indonesia siap sedia bersaing dengan perguruan tinggi di luar negeri. Hal tersebut diungkapkan Dekan Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas (FISIP) Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Dr. Taufiqurokhman, M.Si., menyusul ditandatanganinya Memorandum of Undertanding (MoU) antara Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

DPR-Moestopo1Isi MoU tersebut adalah kerjasama kelembagaan di bidang penelitian, pertukaran informasi, dan kajian isu-isu internasional. Lebih jauh dikatakan Taufiqurokhman, saat ini sudah bukan saatnya Indonesia dijadikan pasar pendidikan. Sebaliknya, Indonesia harus bisa menelurkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan warga negara lain. Hal itu sangat bisa dilakukan dengan kerjasama seperti ini,” tegas Taufiqurokhman.

Dijelaskannya, MoU tersebut ditandatangani oleh Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf, Plh,. Sekjen DPR Damayanti, dan Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo Rudy Ahardjanto, Jumat (6/10/2017), di ruang pertemuan BKSAP Lt. 4 Nusantara III, DPR RI. “Kerjasama ini diinisiasi oleh BKSAP untuk meningkatkan hubungan kelembagaan dan menggiatkan penelitian, terutama kajian-kajian internasional,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf, Plh., menjelaskan, “Kerja sama ini bisa mendekatkan diri sekaligus mengakrabkan antara DPR dan Kampus Moestopo. Saat ini diplomasi parlemen sangat strategis untuk membawa isu-isu penting ke panggung internasional. DPR sudah beberapa kali menjadi tuan rumah perhelatan parlemen dunia yang membahas isu-isu kontemporer dan membawa manfaat bagi bangsa Indonesia,” papar Nurhayati dalam sambutannya.

DPR-Moestopo2BKSAP sendiri, sambung Nurhayati, sudah memiliki 51 Grup Kerja Sama Bilateral termasuk dengan Uni Eropa. Masih ada 16 parlemen yang menunggu persetujuan pembentukan grup kerja samanya. Dengan terbentuknya grup kerja sama ini diharapkan DPR memainkan perannya dalam berdiplomasi dengan dunia internasional. Di sinilah Kampus Moestopo bisa ikut andil melakukan penelitian dan kajian internasional menyangkut peran DPR selama ini dalam berdiplomasi.

Sedangkan Rektor Moestopo Rudy Ahardjanto dalam sambutannya mengatakan, fungsi parlemen kini semakin luas. Lewat diplomasi parlemen, Indonesia bisa mensejajarkan dirinya dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Dan Kampus Moestopo siap mendukung kerja BKSAP DPR RI untuk berdiplomasi dengan memberi hasil-hasil penelitian dan informasi seputar isu-isu internasional.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *